Visi
Mengacu pada visi Universitas Gadjah Mada dan Fakultas Geografi UGM, pada akhir tahun 2050, Program Studi Doktor Ilmu Geografi mempunyai visi untuk menjadi “Program Studi Ilmu Geografi terkemuka di Indonesia dan pusat unggulan dalam Ilmu Geografi bertaraf internasional demi mewujudkan pembangunan berkelanjutan”.
Misi
Program Studi Doktor Ilmu Geografi memiliki misi sebagai berikut:
- Meningkatkan kualitas pendidikan pascasarjana sesuai standar internasional
- Meningkatkan kegiatan riset kewilayahan yang berkualitas
- Meningkatkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang memberikan solusi permasalahan lingkungan
- Meningkatkan jejaring kerjasama nasional dan internasional
- Meningkatkan tata kelola kelembagaan.
Tujuan Program Studi
Dalam rangka mewujudkan visi dan misi Program Studi, maka disusun tujuan Program Studi sebagai berikut:
- Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi Keilmuan Geografi, cakap dan mempunyai hasrat belajar sepanjang hayat dan mampu bekerjasama dalam memecahkan permasalahan bangsa dan umat manusia.
- Menyelenggarakan riset kewilayahan dan kelingkungan yang berkualitas dengan melibatkan stake holder, dan menggunakan hasil-hasil riset untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang memberikan solusi permasalahan lingkungan yang didasarkan kajian keilmuan dan hasil riset
- Mengembangkan jejaring kerjasama dengan institusi lain secara sinergis agar institusi ini mendapat pengakuan dan reputasi secara luas
- Menyelenggarakan tatakelola kelembagaan yang baik (good governance) yang visioner, transparan, akuntabel, partisipatif, taat hukum dan tanggap, sehingga dapat tercipta sistem manajemen yang efektif dan efisien.
Kompetensi Lulusan
Rumusan kompetensi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang mencirikan kompetensi lulusan Program Studi Doktor Ilmu Geografi sesuai dengan KKNI level 9 terdiri dari kompetensi utama dan pendukung sebagai berikut:
Kompetensi Utama
- CPL 1: Mampu menguasai konsep dan teori geografi, serta mengembangkan pendekatan dan metode analisisnya untuk menyelesaikan permasalahan interaksi manusia dan lingkungan dalam perspektif spasial, ekologis maupun kompleks wilayah.
Kompetensi Pendukung
- CPL 2: Kompetensi Pendukung I (knowledge and understanding of), yaitu mampu memahami, melakukan sintesis, dan atau mengevaluasi perkembangan konsep, teori dan aplikasi geografi untuk kepentingan pembangunan.
- CPL 3: Kompetensi Pendukung II (intellectual skills-able to) yaitu mampu mengidentifikasi dan menggunakan metode pemecahan masalah menurut perspektif geografi, serta mengkomunikasikannya secara lisan maupun tertulis dalam forum ilmiah di tingkat nasional maupun internasional.
- CPL 4: Kompetensi Pendukung III (practical skill-able to) yaitu mampu mengembangkan, memodifikasi, serta melakukan sintesis metode analisis geografi untuk memecahkan masalah dalam dunia nyata, baik yang bersifat spasial, ekologis, atau kompleks kewilayahan.
- CPL 5: Kompetensi Pendukung IV (managerial skills-able to) yaitu mampu mengelola riset geografis (geografi lingkungan, pembangunan wilayah, sains informasi geografi) yang bersifat multi-, inter-, dan transdisipliner serta mampu mengkomunikasikannya kepada pemangku kepentingan.
Unduh leaflet dalam Bahasa Indonesia silakan klik di sini [UPDATED]