Daftar Dosen Pengajar

dummy-pict Prof. Dr. Drs. Eko Haryono, M.Si. | e.haryono@ugm.ac.id
Trained in physical geography and environmental science. Since 2000, experience on karst geomorphology, hydrogeology, and landscape ecology. Have been involved in many research projects on karst geomorphology, karst hydrogeology, management of karst water resources, carbon cycle within landscape scale, and geo-archeology, i.e. morpho-chronology and hydrogeology of several karst areas in Indonesia (Karangbolong, Gunungsewu, Blambangan Peninsula, Sangkulirang-Mangkalihat, Rajaampat-Misool, Langkat, Baturaja, Pidie, Loknga, Banggai Kepulauan, Bima, NTT. Actively involved in international collaboration and organizations, i.e. former president of Asian Union of Speleology (2015-2019). Chairman of Karst Commission-International Geographical Union (2020-2024), International Union of Geological Sciences (as a UNESCO Global Geopark Reviewer, International Research Centre on Karst-China (as a trainer-Research collaborations).. Involved in editorial board and reviewer some reputable international journal, i.e. Indonesian Journal of Geography (chief editor), Journal of the Geographical institute ‘Jovan Cvijic’ SASA (editorial board).
Bidang keahlian Karst Geomorphology | Karst Hydrogeology | Landscape Ecology
dummy-pict Prof. Dr. Ig.L.Setyawan Purnama, M.Si. | Setyapurna@geo.ugm.ac.id
Ig.L.Setyawan Purnama adalah Guru Besar Hidrologi, pada Departemen Geografi Lingkungan, Fakultas Geografi UGM. Lulus Sarjana Geografi pada Program Studi Hidrologi UGM pada tahun 1990. Derajat magister didapatkan dari Program Studi Ilmu Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, Sekolah Pascasarjana IPB pada tahun 1996. Demikian pula derajat doktor juga didapatkan pada program studi dan perguruan tinggi yang sama pada tahun 2004, dan jabatan akademik Guru Besar diperoleh sejak tahun 2014. Selain mengajar pada program S1 Geografi, penulis juga mengajar pada Program Studi S2 dan S3 Geografi serta S2 dan S3 Ilmu Lingkungan UGM.
Selain mengajar, penulis juga aktif melakukan berbagai penelitian khususnya yang berkaitan dengan Hidrologi. Telah banyak artikel ilmiah yang dipublikasikan pada berbagai jurnal baik nasional maupun internasional serta pada prosiding seminar.
Bidang keahlian Hidrologi | Ilmu Lingkungan
dummy-pict Prof. Dr. R. Rijanta, M.Sc. | rijanta@ugm.ac.id
R. Rijanta, lahir di Kulonprogo, 1 Januari 1962 adalah Gurubesar Geografi Perdesaan pada Departemen Geografi Pembangunan, Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada. Pendidikan S1 diselesaikan pada tahun 1986 di Fakultas Geografi UGM dari Jurusan Geografi Penduduk dan Demografi, sedangkan Program Master diselesaikan pada tahun 1990 di International Institute for Aerospace Survey and Earth Scences (ITC), Enschede, the Netherlands. Pendidikan Doktornya ditempuh melalui program sandwich antara UGM dan Utrecht University tahun 1997-2006. Tahun 1992 berkesempatan menjadi visiting researcher pada United Nations Center for Regional Development (UNCRD), Nagoya, Jepang. Pada tahun 2008 menjadi research fellow pada Reserch Center for Urban Safety & Security (RCUSS), Kobe University, Jepang. Kerjasama riset dengan Utrecht University terjalin dalam waktu yang sangat panjang, khususnya dalam kolaborasi riset untuk Pendidikan S2 dan S3. Bersama dengan Department of Human Geography and Planning, Utrecht University pada tahun 2022 sedang melaksanakan penelitian tentang konsekuensi amblesan pada penghidupan dan penataan ruang di pantai Utara Jawa Tengah (Semarang dan Demak) yang melibatkan peruguruan tinggi di Asia, Afrika, Amerikan Latin dan Eropa melalui program Diamonds in the Delta. Pada saat yang sama sedang berlangsung kegiatan penelitian tentang Forest City di lokasi Ibukota Negara Republik Indonesia dengan mitra dari Belanda di bawah koordinasi Utrecht University. Kegiatan kolaborasi riset Forest City akan berlangsung tahun 2022-2024. Pada tahun 2022 ini R. Rijanta berkesempatan untuk diundang menjadi visiting scientist di Twente University.
Minat risetnya meliputi bidang geografi perdesaan, penghidupan berkelanjutan, dimensi sosio- spasial perkembangan wilayah, keterkaitan desa-kota dan pengelolaan sumberdaya. Publikasinya ditemukan dalam Journal of Settlements and Spatial Planning, Sustainability, Human Geographies, Romanian Review of Regional Studies, Journal of Natural Resources and Development, Regional Views dan Indonesian Journal of Geography. Karya-karyanya bersama para doktor bimbingan diterbitkan pada Majalah Geografi Indonesia, Tataloka, Mimbar, Bumi Lestari dan Forum Geografi.
Bidang keahlian Rural geography | Sustainable livelihood | Rural-urban linkages
dummy-pict Prof. Dr. Slamet Suprayogi, M.S. | ssuprayogi@ugm.ac.id
Prof.Dr.Slamet Suprayogi,M.S. lahir di Nganjuk 11 Desember 1957. Pendidikan Sekolah Dasar Negeri Ngrengket Nganjuk, SMP Muhammadiyah Nganjuk, SMA Negeri IV Yogyakarta. Sarjana Geografi Jurusan Hidrologi lulus tahun 1984, pada tahun tersebut mulai bergabung di fakultas Geograf sebagai asisten dan pada tahun 1986 diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pada tahun 1986-1987 mengikuti Post Graduate ITC Belanda Watershed Management. Pada tahun 1988 melanjutkan program Pascasarjana (S2) di Institut Pertanian Bogor Program Studi Pengelolaan DAS lulus tahun 1991. Pada tahun 1999 melanjutkan program doctor di Institut Pertanian Bogor Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, lulus pada tahun 2003. Judul Desertasi untuk program doctor Prediksi Ketersedian Air Menggunakan Tank Model dan Pendekatan Artificial Neural Network. Penelitian penelitian yang dilakukan tentang sumberdaya air, terutama berkaitan dengan model hidrologi.Di fakultas Geografi mengajar Hidrologi terutama hidrologi permukaan, pengelolaan Daerah Aliran Sungai, Ekologi Lingkungan, Pengelolaan Lingkungan.
Bidang keahlian Hidrologi
dummy-pict Prof. Dr. Sri Rum Giyarsih, S.Si., M.Si. | srirum@ugm.ac.id
Sri Rum Giyarsih adalah dosen tetap di Fakultas Geografi UGM. Selain aktif mengajar di Prodi S1 Geografi Lingkungan, Rum juga mengajar di Prodi S2 Geografi, Prodi S2 Ilmu Lingkungan, Prodi S2 Kependudukan, Prodi S3 Geografi, dan Prodi S3 Kependudukan UGM. Merupakan anggota dari Laboratorium Kependudukan dan Sumberdaya Ekonomi Fakultas Geografi UGM. Beberapa matakuliah yang diampunya antara lain Geografi Perkotaan, Geografi Permukiman, Geografi Transportasi, Metode Penelitian, Teknik Analisa Data Geografi, Studi Kota dan Urbanisasi, Studi Transportasi dan Konektivitas Wilayah, Pengelolaan Wilayah Perkotaan, Mobilitas Penduduk, serta Kependudukan dan Lingkungan Hidup. Beberapa karya ilmiah miliknya dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi seperti Geojournal, Quaestiones Geographicae, Regional Science Inquiry, Journal of Urban and Regional Analysis, Journal of Urban and Environmental Engineering, dan Indonesian Journal of Geography. Memiliki pengalaman sebagai reviewer penelitian seperti Simlitabmas Dikti, Rispro LPDP, RTA UGM, penelitian dosen UNS, dan Riset Unggulan Daerah Kabupaten Kebumen. Pernah bertugas sebagai reviewer paper di beberapa jurnal seperti Journal of Environmental Planning and Management, Quaestiones Geographicae, Indonesian Journal of Geography, Majalah Geografi Indonesia, Kawistara, Teknosains, Jurnal Ketahanan Nasional, Jurnal Wilayah dan Lingkungan, Jurnal Manusia dan Lingkungan, Media Komunikasi Geografi, Jurnal Pendidikan Geografi, Jurnal Ilmu Sosial & Humaniora, UNM Geographic Journal, dan Demography Journal of Sriwijaya. Pernah menjabat sebagai Sekretaris Pusat Studi Perencanaan Pembangunan Regional UGM, Sekretaris Komisi Monitoring dan Evaluasi Senat Fakultas Geografi UGM, Sekretaris Program Studi S1 Geografi dan Ilmu Lingkungan Fakuktas Geografi UGM, Ketua Komisi Monitoring dan Evaluasi Senat Fakultas Geografi UGM, Sekretaris Jurusan Geografi Lingkungan Fakultas Geografi UGM, dan Ketua Program Studi S2 dan S3 Kependudukan Sekolah Pascasarjana UGM.
Bidang keahlian Pengelolaan perkotaan | permukiman | dan transportasi
dummy-pict Dr. Bowo Susilo, S.Si., M.T. | bowosusilo@ugm.ac.id
Menempuh studi sarjana pada Program Studi Kartografi dan Penginderaan, Jauh Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada (UGM). Melanjutkan studi magister di Program Studi Teknik Geodesi dan Geomatika, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian, Institut Teknologi Bandung (ITB). Lulus dari program doktoral dari Program Studi Ilmu Geografi, Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM). Bidang ilmu mayor yang ditekuni adalah Kartografi dengan minat pada sub bidang Kartografi Analitik (Analytical Cartography). Tema atau obyek kajian yang selama ini diteliti berkaitan dengan Dinamika Penggunaan Lahan, suatu tema besar yang dapat terbagi menjadi sub-sub tema yang lebih spesifik. Konversi lahan pertanian dan perkembangan kota adalah contoh sub tema dinamika penggunaan lahan yang selama ini telah dikaji dengan menggunakan Perspektif Spatial Analytic. Fokus kajian yang ditekuni adalah eksplorasi dan implementasi konsep-konsep Kartografi Analitik dengan beragam turunannya, diantaranya Analisis Spasial (Spatial Analysis, Geovisual Analytic) dan Pemodelan Spasial (Spatial Modelling).
Bidang keahlian Kartografi Analitik | Pemodelan Spasial | Dinamika Penggunaan Lahan
dummy-pict Dr. Danang Sri Hadmoko, S.Si., M.Sc. | hadmoko@ugm.ac.id
Danang Sri Hadmoko, lahir di Sleman, 29 Mei 1980 adalah Staff Pengajar pada Laboratorium Geomorfologi Lingkungan dan Mitigasi Bencana, Departemen Geografi Lingkungan, Fakultas Geografi. Program S1 diselesaikan pada tahun 2002 di Fakultas Geografi UGM, sedangkan Program Master diselesaikan di Institute de Géographie, Université Paris 1 Panthéon Sorbonne, Perancis pada tahun 2005 – 2006 dengan predikat tesis terbaik. Program Doktor ditempuh pada Ecole Doctorale de Géographie, Unversité Paris 1, Panthéon Sorbonne, Perancis 2006 – 2009 lulus dengan predikat summa cummlaude. Tahun 2010 – 2012 berkesempatan menjadi associate researcher di Laboratoire de Geographie Physique, UMR 8591, CNRS – Université Paris 1 Panthéon-Sorbonne. Pada tahun 2012 – 2015, Danang berkesempatan menjadi Adjunct Senior Fellow, Department of Geography, College of Sciences, University of Canterbury, dengan tugas utama adalah melakukan kolaborasi riset dan publikasi, menjadi pengajar, penguji tesis dan disertasi serta menjadi co-supervisor bagi mahasiswa S3. Selama berkarier menjadi dosen, secara personal dan institusional Danang telah menjalin kerja sama riset dengan 51 kolaborator internasional dari 10 negara antara lain Perancis, Inggris, Swiss, Selandia Baru, India, Jepang, Amerika Serikat, Hongaria, Singapura dan Australia. Dari total kerja sama riset tersebut telah menghasilkan 46 publikasi internasional bereputasi terindex scopus dengan 735 sitasi dengan H-Index-12. Kerja sama riset dalam bidang Kebencanaan dan Kegunungapian yang melibatkan berbagaimacam peneliti di Perancis, New Zealand, Inggris, Indonesia, Amerika Serikat. Penghargaan pada tingkat internasional pernah diperoleh dalam International Conference on Geomorphology – Geomor- phology and Sustainability, Paris, France, 27-31 Agustus, 2013 yaituYoung Geomorphologist Award “Jean-Trichart Award” yang diberikan oleh Group Français Géomorphologues dan International Asscociation of Geomorphologist. Tahun 2022 ini berkesempatan untuk menjadi visiting scientist di University of Kobe, Jepang.
Bidang keahlian Geomorfologi Kebencanaan | Geomorfologi Gunung Api | Longsorlahan
dummy-pict Dr. Djaka Marwasta, M.Si. | jakamar@ugm.ac.id
Djaka Marwasta adalah dosen di Departemen Geografi Lingkungan, Fakultas Geografi UGM. Menamatkan Sarjana di Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh Fakultas Geografi UGM, Magister di Program Studi Ilmu Lingkungan Sekolah Pasca Sarjana UGM, dan Doktor di Program Studi Geografi UGM. Pernah menjabat sebagai Sekretaris Pusat Studi Sumberdaya Lahan UGM, Kepala Sub-direktorat KKN di Direktorat Pengabdian Kepada Masyarakat UGM, Sekretaris Klinik Lingkungan dan Mitigasi Bencana, dan sekarang sebagai Ketua Pusat Kajian Permukiman, Transmigrasi, dan Daerah Perbatasan, Fakultas Geografi UGM. Aktif sebagai anggota Forum for Urban Future (Germany&South East Asia) dan Urban Research Plaza (Japan-Indonesia). Mengampu beberapa matakuliah di jenjang Sarjana, Magister, dan Doktoral, diantaranya Permukiman, Studi Perkotaan dan Urbanisasi, Transportasi, Teknik Analisis Data Geografi, Ekologi dan Ilmu Lingkungan, Human Geography, Lingkungan Sosial, dan Statistik Terapan. Beberapa penelitian telah dilakukan dan dipublikasikan dalam Prosiding Internasional terindeks maupun Jurnal Internasional dan Nasional. Banyak melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat dan aktif sebagai DPL KKN PPM UGM. Aktifitas lain adalah sebagai reviewer beberala jurnal nasional dan Internasional, reviewer di Indonesian Journal of Community Engagement, maupun reviewer hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Saat ini juga menjadi Sekretaris Koperasi Keluarga Gadjah Mada (Kokelgam), setelah sebelumnya selama 2 periode menjadi Pengawas di koperasi yang sama.
Bidang keahlian Geografi Permukiman | Studi Perkotaan dan Urbanisasi | Studi Transportasi dan Konektivitas Ruang
dummy-pict Dr. Lutfi Muta'ali, S.Si. MSP | luthfimutaali@ugm.ac.id
Staf Pengajar Departemen Geografi Pembangunan, Fakultas Geografi, Kelompok Bidang Keahlian Perencanaan Pengembangan Wilayah. Memiliki latar belakang pendidikan bidang Geografi, Perencanaan Wilayah dan Kota, serta Ekonomi Wilayah dan Perdesaan. Menulis puluhan buku terkait bidang keahlian. Selain sebagai akademisi, juga terlibat sebagai praktisi, narasumber dan konsultan bidang perencanaan wilayah, tata ruang dan pengelolaan lingkungan.
Bidang keahlian Pengembangan wilayah | Penataan Ruang dan Pengelolaan Lingkungan
dummy-pict Dr. Nurul Khakhim, M.Si. | nurulk@ugm.ac.id
Nurul Khakhim, merupakan salah satu staf pengajar Fakultas Geografi UGM. Lahir di Pati, menyelesaikan pendidikan S1 pada tahun 1991 pada program studi Hidrologi Fakultas Geografi UGM, pendidikan S2 pada tahun 1998 di UGM, dan pendidikan S-3 di bidang Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Institut Pertanian Bogor (IPB) tahun 2009. Selain mengajar, aktif juga dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk kerjasama dengan instansi pemerintah seperti Pushidrosal TNI-AL terkait dengan revisi Peta Laut mencakup proyeksi, sistem koordinat dan material pantai, dan lain-lain, juga dengan pemerintah daerah (pemda) beberapa provinsi dan kabupaten di Indonesia meliputi provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Kab. Serang Banten, Kab. Paser Kaltim, Kab. Bulungan Kaltara, Kab. Kep Aru, Kab. Manggarai Timur NTT, dan kabupaten yang lain. Pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Studi Sumberdaya dan Teknologi Kelautan (PUSTEK LAUT) UGM dua periode (2008 – 2010, dan 2010 – 2012). Minat penelitian terkait bidang kartografi tematik, sistem informasi geografis, pengelolaan pesisir dan laut. Publikasi yang sudah terbit baik dalam skala nasional dan internasional mencakup bidang-bidang kartografi tematik dan pengelollan wilayah pesisir dan lautan.
Bidang keahlian kartografi tematik | sistem informasi geografis | pengelolan pesisir dan laut
dummy-pict Dr. Rini Rachmawati, S.Si., M.T. | rinirachma@ugm.ac.id
Trained in Geography and Urban and Regional Planning. Experience on Urban and Regional Planning; Regional Development; Urban Geography; Smart City, Village, and Region. Have been involved in many organization particularly on ForUm Network (Forum for Urban Future in Southeast Asia Network of Southeast Asian and German Experts), AURA (Asian Urban Research Association), IAP (Indonesian Association of Urban and Regional Planners), IGI (Indonesian Association of Geographer), APIC (Smart Indonesia Initiatives Association) and IEEE Smart Community Member. Chairman of 13th Asian Urbanization Conference that held in UGM in 2016. Had experience as a Coordinator of Summer Course on Smart City, Village and Region, held in UGM 2017, 2018, 2021. Coordinator of Smart City, Village, and Region Research Group and Urban Development Research Group. Another activities as a Supervisor and Evaluator of 100 Movement Toward Indonesian Smart City, Ministry of Communication and Information of the Republic of Indonesia. Supervisor and Expert in Smart City Masterplan Development of Capital City, Ministry of Communication and Information and Evaluator of Electronic Based Government System, Ministry of State Apparatus Empowerment.
Bidang keahlian Urban Geography | Urban and Regional Planning | Smart City | Village and Region
dummy-pict Dr. Sigit Heru Murti B.S., S.Si., M.Si. | sigit.heru.m@ugm.ac.id
Dr. Sigit Heru Murti BS, S.Si., M.Si., menyelesaikan Pendidikan Sarjana Kartografi dan Penginderaan Jauh di Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM), Magister Penginderaan Jauh di Sekolah Pascasarjana UGM, dan Doktor Ilmu Geografi di Fakultas Geografi UGM Mada. Mulai bekerja sebagai Dosen di Fakultas Geografi UGM pada tahun 1998 hingga sekarang. Bidang ilmu yang ditekuni adalah Sistem Penginderaan Jauh Pasif Non-Fotografi dan Aplikasi Penginderaan Jauh untuk Agroekosistem, Ketahanan Pangan, Hidrologi, Bencana dan Pengembangan Wilayah. Selain mengajar di Universitas Gadjah Mada, juga aktif mengajar pada Sekolah Pascasarjana UGM, Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), dan Program Pascasarjana Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Menjadi pengurus organisasi profesi Ikatan Geografiwan Indonesia (IGI), serta anggota Masyarakat Penginderaan Jauh Indonesia (MAPIN) dan Asosiasi Kartografiwan Indonesia (AKI). Memiliki pengalaman sebagai Ketua Tim Penyusun Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) sub-bidang Survei Kewilayahan (BIG), Tim Peneliti Kajian Potensi Hidrologis Kawasan Cagar Alam Cycloop sebagai bagian dari Ekosistem DAS Danau Sentani dan Permasalahannya (WWF), Ketua Tim Pengembangan Sistem Standard Operasional Prosedur Pengendalian Banjir Dan Tanah Longsor (UNDP), Tim Peneliti Identifikasi Nilai Konservasi Tinggi Kabupaten Boven Digoel dan Mappi (WWF), dan Tim Ahli Research Design of Reducing Emission from Deforestation and Degradation Forest (REDD-Carbon) Baseline for Tier 3 (WWF). Saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Keuangan, Aset dan Sumberdaya Manusia Fakultas Geografi UGM.
Bidang keahlian 1. Sistem Penginderaan Jauh Pasif Non-Fotografi | Apliaksi Penginderaan Jauh untuk Agroekosistem, Ketahanan Pangan, Hidrologi, Bencana dan Pengembangan Wilayah.
dummy-pict Dr. Sudrajat, S.Si., M.P | sdrajat@ugm.ac.id
Dr.Sudrajat, S.Si,M.P adalah salah staf pengajar di Fakultas Geografi UGM sejak tahun 1998, lahir di Majalengka , 14 Maret 1969. Pendidikan yang meliputi pendidikan S1 Geografi Manusia di Fakultas Geografi UGM tahun 1990 -1995, pendidikan Magister Ekonomi Pertanian di Fakultas Pertanian UGM tahun 2000-2003 dan pendidikan Doktor Ilmu Geografi di Fakultas Geografi UGM 2006-2013. Saat ini Dr.Sudrajat, S.Si,M.P, mengkosentrasikan bidang keahliannya utamanya adalah Geografi Pertanian, sedangkan bidang keahlian lainya terkait dengan keilmuanya adalah
ekonomi sumberdaya dan lingkungan. Berbagai riset terkait dengan Geografi Pertanian maupun Sumberdaya Ekonomi dan Lingkungan telah banyak dilakukan dan dipublikasikan, baik dalam buku, jurnal nasional terakreditasi maupun internasional dan seminar nasional/internasional.
Bidang keahlian Geografi Pertanian | Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan
dummy-pict Dr. Tjahyo Nugroho Adji, M.Sc.Tech | adji_tjahyo@ugm.ac.id
Tjahyo Nugroho Adji is a lecturer at the Department of Environmental Geography with a research interest in research related to groundwater in the karst area. The focus of the research he pursued was related to hydrograph analysis dan hydrogeochemical methods and their relationship with rainfall (time-series analysis) to determine the development of a karst area. In addition, he also pursued the approach of hydrogeochemistry and its relation to the groundwater flow nature released by the karst aquifer. Some of the karst areas that have been studied include Gunungsewu karst (Central Java), Rengel karst (East Java), Jonggrangan Karst (Central Java), Gombong Karst (Central Java), Rembang karst (Central Java), karst area in Aceh (Sumatera), and Banggai Island karst (Celebes). Some research results have been published in several well-known international journals, including Acta Carsologica, Carbonates & Evaporates, Geosciences Journal, Environmental Earth Sciences, Environmental Processes, Aquatic Geochemistry, International Journal of Conservation Science, and Arabian Journal of Geosciences.
Bidang keahlian Karst hydrology | hydrogeochemistry | groundwater
dummy-pict Dr.rer.nat. Djati Mardiatno, M.Si. | djati.mardiatno@ugm.ac.id
Dr.rer.nat. Djati Mardiatno, M.Si. adalah Lektor Kepala di Laboratorium Geomorfologi Lingkungan dan Mitigasi Bencana, Departemen Geografi Lingkungan, Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Sekretaris Program Magister Perencanaan Pengelolaan Pesisir dan Daerah Aliran Sungai (MPPDAS) Fakultas Geografi UGM (2009 s.d. 2015); Kepala Pusat Studi Bencana (PSBA) UGM (2013 s.d. 2018); Ketua Minat Studi MPPDAS Fakultas Geografi UGM (2021-2023); Pembina Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka UGM (2003- sekarang); Anggota Dewan Pengawas Forum Perguruan Tinggi Pengurangan Risiko Bencana (2017-sekarang).
Pendidikan S1 dan S2 dalam bidang geografi fisik (geomorfologi) diselesaikannya di UGM. Program S3 diselesaikan di Institute of Geography University of Innsbruck, Austria pada tahun 2008, dengan judul disertasi “Tsunami Risk Assessment Using Scenario-Based Approach, Geomorphological Analysis and Geographic Information System”. Tema penelitian yang dilakukan sebagian besar adalah tentang geomorfologi lingkungan, geomorfologi kepesisiran, dan pengkajian risiko bencana. Hasil penelitiannya sudah banyak dipublikasikan dalam bentuk buku, makalah prosiding, maupun artikel di jurnal ilmiah nasional dan internasional.
Keterlibatan dalam kerjasama penelitian internasional antara lain: TSUNARISQUE (France- Indonesia consortium), GITEWS (German-Indonesia Tsunami Early Warning Systems), RIMSY (University of Innsbruck and Tirol Province, Austria), CNRD (UGM dan 10 Universitas dari Asia, Afrika, Eropa, Amerika Latin), JSPS-AAPLAT dan JST-JICA (Nagoya University Jepang and LIPI), Comparative Studies on Mega-earthquakes and Their Aftermaths-Case of Japan, China, and Indonesia (Nagoya University Jepang dan Chinese Academy of Science and Technology for Development), dan Building Sustainable System for Resilience and Innovation in Coastal Community (SATREPS-JICA, ITB, dan konsorsium berbagai institusi di Indonesia). Organisasi profesi yang diikuti adalah Ikatan Geograf Indonesia (IGI), Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia (IABI), European Geosciences Union (EGU), dan International Association of Geomorphologists (IAG).
Bidang keahlian Geomorfologi Lingkungan | Kebencanaan
dummy-pict Drs. Projo Danoedoro, M.Sc., Ph.D. | projo.danoedoro@geo.ugm.ac.id
Memperoleh gelar B.Sc. (Geografi Teknik, 1985) dan Drs (Penginderaan Jauh, 1989) dari Fakultas Geografi UGM; PGradDip (Rural and Land Ecology Survey, 1991) dan MSc (1993) dari ITC (Sekarang Universitas Twente, Belanda); serta PhD (Mapping Science, 2007) dari School of Geography, Planning and Architecture, Universitas Queensland, Australia.
Mengajar mata kuliah terkait dengan Penginderaan Jauh Digital, Metode Penelitian Geografi dan Metode Penelitian Penginderaan Jauh, Penginderaan Jauh untuk Penggunaan Lahan dan Ekologi Bentanglahan, Analisis Spasial untuk Penginderaan Jauh, dan Analisis Medan berbasis Citra. Penelitian yang dilakukan banyak berhubungan dengan pemetaan penutup/penggunaan lahan, pemetaan vegetasi, pemodelan spasial berbasis citra, serta kajian- kajian yang berhubungan dengan evaluasi metode dan teknik analisis citra digital untuk berbagai aplikasi di bidang geografi, termasuk integrasinya dengan SIG. Membimbing mahasiswa tingkat sarjana dan magister untuk topik-topik kajian penginderaan jauh dan tingkat doktor untuk topik-topik kajian sains informasi geografis secara umum. Penelitian mandiri, bersama mahasiswa, dan bersama kolega di Fakultas Geografi UGM maupun di lembaga lain dipublikasikan di berbagai jurnal ilmiah nasional dan internasional. Di samping itu juga menulis buku teks di bidang penginderaan jauh.
Bidang keahlian Penginderaan Jauh Geografis | Ekologi Bentanglahan | Analisis Medan
dummy-pict Muhammad Kamal, S.Si., M.GIS., Ph.D. | m.kamal@ugm.ac.id
Muhammad Kamal adalah dosen di Departemen Sains Informasi Geografi, Fakultas Geografi UGM. Gelar Sarjana bidang Geografi, pengkhususan kartografi dan penginderaan jauh, diperoleh dari Fakultas Geografi UGM pada tahun 2004. Pada tahun 2005, Kamal bergabung sebagai dosen di Fakultas Geografi UGM. Kemudian gelar Master of Geographic Information Science diperoleh pada tahun 2008 dari School of Geography, Planning and Architecture, The University of Queensland Australia melalaui beasiswa Australian Development Scholarship. Gelar Ph.D. diperoleh dari universitas yang sama pada tahun 2015 pada bidang Remote Sensing, dengan judul disertasi “Remote Sensing for Multi-scale Mangrove Mapping”, melalui beasiswa Australia Awards Scholarship. Pada tahun 2015, Kamal mendapatkan penghargaan Postgraduate Student Award dari Surveying and Spatial Science Institute, lembaga sertifikasi profesi bidang geospasial di Australia. Di Fakultas Geografi, secara keilmuan Kamal berafiliasi ke Laboratorium Penginderaan Jauh. Selama 15 tahun terakhir, bidang yang ditekuni melalui berbagai kegiatan pendidikan dan riset adalah terkait dengan optimalisasi penggunaan citra penginderaan jauh untuk pemetaan dan pemodelan biofisik mangrove. Hal ini meliputi identifikasi sebaran mangrove, pemetaan luasan mangrove, persen tutupan kanopi, leaf area index, estimasi biomassa dan stok karbon, serta pemetaan spesies mangrove. Keterlibatan dalam kerjasama penelitian internasional antara lain: David and Lucile Packard Foundation (Australia, Fiji), Australia Indonesia Institute (Australia, Indonesia), HINOTORI C1 mission (Jepang, Indonesia), International Joint Laboratory SELAMAT (Perancis, Indonesia). Sementara itu, rekam jejak penelitian nasional meliputi Penelitian Dasar, Penelitian Berbasis Kompetensi, Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi, Riset Kolaborasi Indonesia, World Class Research, dan Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi.
Bidang keahlian Penginderaan Jauh | Mangrove | Pemodelan Biofisik
dummy-pict Dr. Bachtiar W. Mutaqin, S.Kel., M.Sc. | mutaqin@ugm.ac.id
Bachtiar W. Mutaqin saat ini adalah seorang asisten profesor di Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM). Ia mendapatkan gelar PhD pada bidang Geografi Fisik dari Université Paris 1 Panthéon-Sorbonne, Prancis pada tahun 2018. Minat penelitiannya adalah pada bidang oseanografi, geomorfologi laut dan kepesisiran, serta manajemen risiko dan bencana. Beberapa penghargaan internasional yang pernah didapat olehnya antara lain Young Geomorphologist Grants Award dari International Association of Geomorphologists (IAG / AIG) pada tahun 2017 di New Delhi - India dan tahun 2019 di Athena - Yunani; juara Ma Thèse en 180s Indonésie 2018 di Poitiers - Prancis; serta Prix Mahar Schützenberger dari Franco-Indonesian Association for the Development of Sciences (AFIDES) pada tahun 2017 di Paris - Prancis.
Bidang keahlian Oseanografi| Geomorfologi Laut dan Kepesisiran| Manajemen Risiko dan Bencana
dummy-pict Dr. Dyah Rahmawati Hizbaron, S.Si., M.T., M.Sc. | dyah.hizbaron@ugm.ac.id
Dyah Rahmawati Hizbaron, M.T, M.Si (Emma) adalah dosen Fakultas Geografi dan Peneliti di Pusat Penelitian Bencana Universitas Gadjah Mada. Gelar kesarjanaan diperoleh dari Program Sarjana dari Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada jurusan Pembangunan Wilayah. Gelar Pasca Sarjana diperoleh dari Program Magister dari Institut Teknologi Bandung dan RijksUniversiteit of Groningen, Belanda, jurusan Perencanaan Infrastruktur dan Lingkungan. Gelar Doktor diperoleh dari program sandwich Universitas Gadjah Mada dengan Universiteit of Innsbruck, Austria, jurusan Ilmu Lingkungan. Minat riset adalah studi bencana, terutama penilaian kerentanan, manajemen risiko perkotaan, manajemen berbasis ekosistem dan untuk memperluas masalah yang relevan dalam perencanaan pengelolaan pesisir dan daerah aliran sungai.
Kerjasama penelitiannya dengan UNESCAP, UNEP, UNESCO, ProsperNet, Searca, PAIR-Australia-Indonesia Centre, Centre for Natural Resource and Development dan masih banyak lagi. Saat ini, menerima amanah selaku Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Kerjasama dan Alumni Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada periode 2021-2026.
Bidang keahlian Kebencanaan | kerentanan | perkotaan
dummy-pict Dr. Erlis Saputra, M.Si. | erlissaputra@ugm.ac.id
Dr. Erlis Saputra, M.Si (Dr. Erlis menyelesaikan pendidikan doktoral dari Department of Human Geography and Spatial Planning, Faculty of Geosciences, Utrecht University, Belanda, dengan fokus penelitian pada aspek governance and socioeconomic of land subsidence. Sejak tahun 2007, Dr. Erlis bekerja sebagai dosen di Departemen Geografi Pembangunan, Fakultas Geografi UGM dengan fokus penelitian dan mengajar di bidang geografi perkotaan, teori keruangan, perencanaan wilayah dan tata ruang, pembangunan wilayah berbasis pengurangan risiko bencana, pembangunan wilayah berkelanjutan, dan penurunan tanah (land subsidence). Dikarenakan keinginan yang kuat untuk menggabungkan pengetahuan yang diperoleh di kampus dan kenyamanan bekerja dalam bidang advokasi, Dr. Erlis bersama rekan-rekannya menginisiasi dan aktif di lembaga nonprofit: The Institute for Regional Development Studies (IReDS) (2005) dan Indonesia Tourism Watch (ITW) (2012). Hingga saat ini Dr. Erlis aktif di berbagai pertemuan ilmiah tingkat internasional dan nasional, kolaborasi riset internasional dan nasional. Dr. Erlis dapat dihubungi melalui email: erlissaputra@ugm.ac.id.
Bidang keahlian Geografi Perkotaan | Tata Ruang Wilayah | Pembangunan Wilayah di Kawasan Berisiko Bencana
dummy-pict Dr. Iswari Nur Hidayati, S.Si., M.Sc | iswari@ugm.ac.id
Iswari Nur Hidayati, merupakan salah satu staff pengajar pada Departemen Sains Informasi Geografi, Program Studi Kartografi dan Penginderaan Jauh. Bidang ilmu yang ditekuni adalah Urban Remote Sensing, Digital Image Processing, GIS, Biophysical and Ecological Remote Sensing, Remote Sensing for Regional Development . Mata Kuliah yang diampu antara lain Penginderaan Jauh, Fotogrametri dan Fotografi Udara, Penginderaan Jauh untuk Perkotaan, dan juga Penginderaan Jauh untuk Pengembangan Wilayah, Analisis dan Pemodelan Citra Penginderaan Jauh, Analisis Spasial Penginderaan Jauh, Remote Sensing for Urban and Regional Planning. Penelitian yang dilakukan berkaitan dengan penggunaan lahan/penutup lahan, urban biophysical remote sensing, urban growth, pemetaan berbasis citra dan index penginderaan jauh, well-being and livable city index, urban green space, analisis lalu lintas/kemacetan, harga lahan, dan juga manajemen perkotaan berbasis ekosistem. Selain kegiatan tersebut di atas, saat ini juga tergabung dalam tim Health Promoting University (HPU UGM), Tim PPSMB Universitas, dan juga sebagai salah satu tim editor pada Majalah Geografi Indonesia (MGI).
Bidang keahlian Penginderaan Jauh Perkotaan | Pemetaan Berbasis Citra | Urban Biophysical and Ecological Remote Sensing
dummy-pict Dr. Nur Mohammad Farda, S.Si., M.Cs. | farda@ugm.ac.id
Dr. Nur Mohammad Farda, S.Si., M.Cs. merupakan koordinator kelompok studi Geo Big Data dan Geo AI di Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM), dan juga sebagai Kepala Pusat Kajian Penginderaan Jauh untuk Sumberdaya dengan Pendekatan Interpretasi Citra dan Survei Terpadu (PUSPICS) Fakultas Geografi UGM.
Nur Mohammad Farda mendapat gelar master (2008) pada bidang Ilmu Komputer (M.Cs.) di Fakultas MIPA UGM dan doktor (2017) pada bidang Ilmu Geografi minat Penginderaan Jauh (Dr.) di Fakultas Geografi UGM dan program Sandwich PhD di Cologne University of Applied Sciences Jerman.
Saat ini beliau aktif sebagai dosen di Departemen Sains Informasi Geografi Fakultas Geografi UGM, mengajar matakuliah Spatial Data Mining, Pemrograman Spasial, Teknologi Informasi Geospasial dan Sistem Informasi Geografis dan telah melakukan 12 penelitian, baik sebagai ketua peneliti maupun anggota peneliti, serta 30 pengabdian masyarakat. Minat penelitian yang ditekuni olehnya yaitu Geospatial Big Data Analytics, Spatial Data Science dan Geo AI. Hingga kini, Nur Mohammad Farda telah mempublikasikan 12 publikasi jurnal, 11 prosiding, 1 buku, dan 3 book chapter baik nasional maupun internasional. Farda termasuk sebagai anggota dari reviewer jurnal dan prosiding di UGM salah satunya Indonesian Journal of Geography.
Bidang keahlian Geospatial Big Data Analytics | Spatial Data Science | Geospatial Artificial Intelligence (Geo AI)
dummy-pict Dr. Pramaditya Wicaksono, S.Si., M.Sc. | prama.wicaksono@ugm.ac.id
Pramaditya Wicaksono adalah dosen di Departemen Sains Informasi Geografi, Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada (UGM), dan saat ini mendapatkan amanah untuk menjabat sebagai Ketua Program Studi Sarjana Kartografi dan Penginderaan Jauh periode 2021 - 2025. Pramaditya Wicaksono juga merupakan coordinator untuk Coastal Biodiversity Remote Sensing Research Group dan Blue Carbon Research Group Fakultas Geografi UGM. Bidang keahlian utama Pramaditya Wicaksono adalah penginderaan jauh untuk pemetaan dan pemantauan ekosistem pesisir, terutama terkait padang lamun, terumbu karang, makroalga, dan habitat bentik. Berikut adalah tautan untuk mengakses publikasi dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Pramaditya Wicaksono:
Bidang keahlian Penginderaan Jauh untuk Pemetaan dan Pemantauan Ekosistem Pesisir (Padang lamun, terumbu karang, makroalga, dan habitat bentik)
dummy-pict Dr. Prima Widayani, S.Si, M.Si. | primawidayani@ugm.ac.id
Prima Widayani, adalah sebuah nama yang diberikan oleh orang tua saya. Saya lahir di Magelang tanggal 26 April 1978 dan menghabiskan masa kecil saya hingga SMA. Saya merupakan alumni SD Negeri Cacaban 3 Magelang tahun 1990, SMP Negeri 1 Magelang tahun 1993 dan SMA Negeri 1 Magelang tahun 1996. Saya melanjutkan pendidikan tinggi di Prodi Kartografi dan Penginderaan Jauh Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada. Saya mulai tertarik untuk mengaplikasikan ilmu Penginderaan Jauh untuk bidang lingkungan dan kesehatan, oleh karena itu saya mengambil tema skripsi Aplikasi Penginderaan Jauh dan SIG untuk Penentuan Lokasi (Site Selection) Industri Minyak Kayu Putih di KPH Gundih Kabupaten Grobogan. Tahun 2002 saya melanjutkan pendidikan saya ke jenjang S2 (Master) di Prodi Ilmu Lingkungan Sekolah Pascasarjana UGM lulus tahun 2004 dengan judul tesis Pemodelan Spasial Epidemiologi Demam Berdarah Dengue Menggunakan SIG di Kelurahan Terban Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta. Tahun 2016 saya melanjutkan penendidikan Doktor di Program Studi Geografi dengan mengambil bidang konsentrasi Penginderaan Jauh dengan judul Disertasi Pemodelan Spasial Kerentanan Wilayah Terhadap Penyakit Menular Terkait Lingkungan Berbasis Penginderaan Jauh (Kasus Malaria, Leptospirosis dan Tuberkulosis di Sebagian Wilayah Provinsi Jawa Tengah dan DIY). Sebagai seorang dosen saya memiliki tanggungjawab untuk melaksanakan tridarama perguruan tinggi yaitu bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Bidang pendidikan diimplementasikan dengan membimbing skripsi, tesis dan disertasi serta saat ini saya mengampu beberapa matakuliah di Program Sarjana dan Magister antara lain Penginderaan Jauh, Pemodelan Spasial Ekologi Bentang Lahan, Geoinformasi Bencana dan Kesehatan, SIG untuk Manajemen Kesehatan, Pemodelan Spasial untuk Perkotaan dan Pengembangan Wilayah, Metode Penelitian. Bidang penelitian diimplementasikan dengan melaksanakan penelitian melalui skema mandiri maupun hibah. Bidang pengabdian saya laksanakan dengan menjadi narasumber pelatihan Penginderaan Jauh dan SIG untuk lingkungan dan kesehatan untuk beberapa instansi yang membutuhkan. Saat ini saya diberi amanah sebagai Ketua Program Studi Magister Penginderaan Jauh Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada.
Bidang keahlian Penginderaan Jauh | Ekologi Bentanglahan | SIG Kesehatan
dummy-pict Dr. Sandy Budi Wibowo, S.P., M.Sc. | sandy_budi_wibowo@ugm.ac.id
Dr. Sandy Budi Wibowo was recruited twice by UGM after two successful recruitment processes in 2017 (Non Civil Servant Lecturer) and in 2019 (Civil Servant Lecturer). Before joining UGM, he has completed his fixed-term employment contracts in several institutions in Indonesia and in France. Thanks to his experiences of living abroad for 6 years, he speaks French, Spanish, English, Indonesian and Javanese. His research interest is focused on Spatial Modelling for Earth Surface Processes. His passion on volcanic area allows him to visit several volcanoes in Indonesia (Merapi, Arjuno-Welirang, Kelud, Slamet, Sindoro, Bromo, Iya) and in South America (Chaiten, Osorno, Calbuco). In National level, he acts as Principal Investigator under prestigious research schemes (PPKI, RKI) organized by the Consortium of 16 Indonesian Universities: ITB, UGM, UNAIR, IPB, UI, UNHAS, UNPAD, USU, UNAND, UPI, ITS, UNDIP, UM, UNP, UNS, UB. He also participates as Co-Researcher at International Level (AXA SEDIMER, Massachusetts Institute of Technology–Indonesia Research Alliance, and IRD’s International Joint Laboratories). Recently, he serves as Head of GIS Laboratory in the Department of Geographic Information Science, Faculty of Geography, UGM.
Bidang keahlian GIS | Earth Surface Processes | Natural Disasters
dummy-pict Dr. Taufik Hery Purwanto, M.Si. | taufik@ugm.ac.id
Namanya Dr. Taufik Hery Purwanto, M.Si. yang lahir di Yogyakarta pada 1 April 1968. Memperoleh gelar Doktor dari UGM dalam bidang Sistem Informasi Geografis (SIG) dengan aplikasi pada manajemen bencana. Sejak menjadi dosen Fakultas Geografi UGM tahun 1997 lebih memilih menekuni dan mengembangkan bidang SIG, karena pengalaman bekerja sebelumnya di sebuah perusahaan agen prinati lunak SIG terkemuka di Indonesia pada tahun 1995. Sampai sekarang masih konsisten menekuni dan mengembangkan SIG mulai dari perolehan data SIG (drone, big data, IoT), model data SIG (vektor, raster, voxel), basisdata SIG, Infrastruktur Data SIG, analisis dan pemodelan spasial lanjut, penyajian data SIG (berbasis komputer grafis/Web-GIS/Geoportal, peta animasi, peta interaktif, augmented reality dan virtual reality). Objek kajian di bidang SIG yang ditekuni tidak hanya objek geografis (wilayah administrasi, sistem lahan, DAS), tetapi juga objek Indoor yang merupakan integrasi antara SIG dan BIM (Building Information Modelling), seperti: bandara (airport), hotel, rumah sakit, perkantoran, kampus, mall, stadion. Sejak tahun 2016 sampai dengan sekarang aktif di tingkat nasional sebagai tim perumus dan reviewer SKKNI dan KKNI IG khususnya sub bidang SIG. Minat dan penelitiannya terhadap teknologi menempatkannya sebagai dosen yang mengampu matakuliah Teknologi Informasi Geospasial yang menyangkut GNSS, earth observation, scanning, komunikasi data, Geo-AI.
Bidang keahlian Sistem Informasi Geografis | Infrastruktur Informasi Geospasial | Teknologi Informasi Geospasial
dummy-pict Dr.Sc. Andung Bayu Sekaranom., M.Sc. | andung.geo@ugm.ac.id
Dr.Sc. Andung Bayu Sekaranom M.Sc. adalah staf pengajar di Departemen Geografi Lingkungan Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada. Beliau menempuh studi sarjana pada Departemen Geografi Lingkungan Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada pada tahun 2007 hingga tahun 2011 dengan gelar Sarjana Sains (S.Si). Selanjutnya beliau menempuh gelar S2 pada Magister Geografi di Fakultas yang sama dari tahun 2011-2014 dengan gelar M.Sc.. Pada tahun 2015-2018 beliau menempuh ke jenjang Doktor di Jepang pada Hydrospheric-Atmospheric Research Center (Saat ini menjadi Institute for Space-Earth Environmental Research), Graduate School of Environmental Studies, Nagoya University dengan gelar Dr. Sc. .Saat ini aktif menulis pada jurnal-jurnal internasional serta konferensi internasional terkait dengan studi hujan ekstrem, perubahan iklim, dan adaptasi masyarakat dengan lebih dari 25 publikasi google scholar, 280 sitasi, dan H-index 8. Dr. Sc. Andung Bayu Sekaranom M.Sc. tergabung sebagai anggota American Geophysical Union (AGU), Japan Geoscience Union (JpGU), dan ASEAN Hydroclimatic Data Center (AHC). Beliau menjabat sebagai tim ahli di Pusat Studi Bencana (PSBA) UGM dan Pusat Studi Lingkungan Hidup (PSLH) UGM. Saat ini beliau juga aktif sebagai tim ahli dalam kajian sumberdaya air dan kebencanaan di level nasional hingga kabupaten dan telah memberikan banyak pelatihan kepada profesional di tingkat kementrian hingga pemerintah daerah, serta swasta.
Bidang keahlian hidrometeorologi | sumberdaya air | kebencanaan
dummy-pict Dr.Sc. Sanjiwana Arjasakusuma, M.GIS., M.Sc | sanjiwana.arjasakusuma@ugm.ac.id
Dr. Sc. Sanjiwana Arjasakusuma, M.GIS., M.Sc menyelesaikan studi S1 pada Program Studi Kartografi dan Penginderaan Jauh pada tahun 2010. Setelah itu, melanjutkan Pendidikan pada Master of Geographic Information Science (M.GIS, lulus tahun 2013) dengan beasiswa dari Australian Development Scholarships (ADS) dan S2 Penginderaan Jauh, Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (M.Sc, lulus tahun 2015) . Selepas lulus S2, sempat berkarir sebagai GIS Assistant pada Center of International Forestry Research (CIFOR) hingga 2015, dan di tahun yang sama melanjutkan studi S3 (Doctor of Science, Dr.Sc) dengan beasiswa Monbukagakusho (MEXT) di Nagoya University, Jepang, dan lulus pada tahun 2018. Fokus penelitian selama menempuh S1, S2 dan S3 adalah pada bidang penginderaan jauh terutama pada penggunaan data hyperspectral, lidar, serta analisa time- series untuk kajian vegetasi hutan (terrestrial vegetation) di Indonesia. Selain itu, Dr. Sanjiwana juga memiliki fokus pada integrasi data multi-sensor radar, lidar dan optis dan Geospatial Artificial Intellegence (GEOAI) untuk pemetaan sawah, hutan, dinamika vegetasi dan burn-area. Saat ini, Dr. Sanji juga bertugas sebagai salah satu editor pada jurnal Geomedia (Nasional) dan Geomatics and Environmental Engineering (Internasional terindeks Scopus).
Bidang keahlian Penginderaan Jauh | GeoAI | Hiperspektral | Lidar | Analisa Time Series | Pemetaan Deforestasi
dummy-pict Ratih Fitria Putri, S.Si., M.Sc., Ph.D. | ratihfitria.putri@ugm.ac.id
Ratih Fitria Putri, S.Si., M.Sc., Ph.D. lahir di Kota Jakarta, 26 Juni 2985 adalah dosen di Program Studi Geografi Lingkungan, Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada. Pendidikan S1 di Program Studi Geografi, Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (FGE UGM) lulus pada tahun 2007. Pada tahun 2011 telah lulus S2 di Join Master Program on Planning and Management of Coastal Area and Watershed, Fakultas Geografi UGM dan Chiba University – Jepang. Tahun 2014 telah menyelesaikan pendidkan S3 dengan predikat cumlaude dan the 1 st excellent student di Graduate School of Advanced Integration Science – Chiba University – Jepang melalui penelitian yang berjudul Monitoring and Analysis of Land Subsidence and Landslide Hazard Using Differential Interferometric Synthetic Aperture Radar Data Observed with TerraSAR-X and ALOS PALSAR. Penelitian tersebut memperoleh dukungan dari Japan Student Servis Organization (JASSO), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (MEXT) dan LPDP melalui program beasiswa disertasi. Sejak tahun 2008, penulis memiliki pengalaman di bidang evaluasi kemampuan lahan, kebencanaan, kependudukan dan konservasi lahan. Pada tahun 2015-2018, penulis memperoleh fellowship dan research award bergensi melalui penelitian pemantauan bencana penurunan mukatanah di Jakarta dari Schlumberger Foundation – USA. Penulis telah memperoleh 2 HKI di tahun 2019 dalam bidang program komputer yakni SIBAT: Sistem Informasi cerdas untuk edukasi Bahaya Tsunami dan Portal SIBAT: Portal Sistem Informasi Bahaya Tsunami. Pada tahun 2017 penulis memperoleh penghargaan The Rising Young Researcher Indonesia 2017 dari Yarsi Foundation melalui penelitian penurunan muka tanah kota-kota besar di Indonesia. Penulis mendapatkan women fellowship award melalui program TWAS-COMSTECH UNESCO di tahun 2016. Sejak tahun 2011 hingga 2021 penulis telah menghasilkan 49 artikel penelitian terindeks Scopus. Penulis telah menerbitkan 3 buku dengan judul Toward the future of Asia: My Proposal – Best papers of The 1st Asia Future Conference (2013) dan penduduk dan lingkungan (2015). Pada tahun 2012-2014, penulis memiliki pengalaman sebagai staff pengajar di Center for International Education (CIRE) Chiba University – Japan.
Bidang keahlian Natural Resources Management | Land subsidence | Synthetic Aperture RadarSoftware Application
dummy-pict Ahmad Cahyadi, S.Si., M.Sc. | ahmad.cahyadi@ugm.ac.id
Ahmad Cahyadi, S.Si., M.Sc. Lahir di Gunungkidul pada tahun 1989. Menamatkan SD, SMP dan SMA di Kabupaten Gunungkidul. Tahun 2007-2011 kuliah sarjana di Departemen Geografi Lingkungan, Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM). Tahun 2015 menyelesaikan pendidikan magister di Minat Studi Magister Pengelolaan Pesisir dan Daerah Aliran Sungai (MPPDAS), Fakultas Geografi UGM. Saat ini sedang menempuh program doktor di Fakultas Geografi UGM dengan mendalami hidrologi karst. Sejak tahun 2012 telah menjadi staf pengajar di Fakultas Geografi UGM yang ditugaskan pada Laboratorium Hidrologi dan Klimatologi Lingkungan, Departemen Geografi Lingkungan. Selain itu, sejak tahun 2015 menjadi peneliti pada Parangtritis Geomaritime Science Park, yang berlokasi di Wilayah Kepesisran Parangtritis, Kabupaten Bantul. Bidang keahlian Hidrologi, khusunya pada Hidrologi Airtanah, Hidrologi Karst dan Hidrologi Pulau-pulau Kecil. Saat ini aktif menjadi anggota Perhimpunan Ahli Airtanah Indonesia (PAAI) dan Masyarakat Hidrologi Indonesia (MHI). Tahun 2012 pernah mendapatkan beasiswa dari Center for Natural Resources and Development (CNRD) dan DAAD Germany, untuk mengikuti Joint Student Project dalam program Integrated Coastal Zone Management di Maputo, Mozambiq, Afrika. Pernah menimba Ilmu di International Research Center on Karst (IRCK) UNESCO di Chongqing, Tiongkok terkait dengan Karst Hydrology and Hydrogeochemistry. Tahun 2017 mendapatkan beasiswa dari Australia Awards Fellowship, AUSAID dalam program Developing Capacity for Sustainable Economic Development of Indonesia's Fisheries di Monash University, Australia. Tahun 2007 menjadi Juara 1 Olimpiade Geografi Nasional di Fakultas Geografi UGM. Selain itu, beberapa prestasi pernah ditorehkan seperti menjadi mahasiswa berprestasi Universitas Gadjah Mada tahun 2010; Juara 1 Earth’s Challenge di Institut Pertanian Bogor (2011), Juara 1 penulisan karya ilmiah Ikatan Mahasiswa Geografi Indonesia di Universitas Pendidikan Ganesha, Bali (2012), Pemakalah Terbaik 1 pada Pekan Ilmiah tahunan Perhimpunan Ahli Airtanah (PAAI) Tahun 2019 serta mendapatkan penghargaan “Geo-Award” sebagai dosen terbaik kategori staf pengajar dan asisten ahli di Fakultas Geografi UGM tahun 2021.
Bidang keahlian Physical Geography | Hydrology | Karst Hydrology
dummy-pict Ari Cahyono, S.Si., M.Sc. | aricahyono@ugm.ac.id
Ari Cahyono lahir pada Selasa Pahing dan menghabiskan keseharian dalam suasana desa di Kapanewon Pleret, Kabupaten Bantul D.I. Yogyakarta. Berbekal senang akan petualang dan senang ngutak-atik komputer, saya memilih program studi Kartografi dan Penginderaan Jauh, Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada, dan lulus tahun 2009. Ari meniti karir menjadi dosen Fakultas Geografi UGM Tahun 2012. Bidang ilmu yang ditekuni saat ini yaitu Sains Informasi Geografis, nama geografis (toponimi) dan pemetaan historis. Program Pascasarjana Penginderaan Jauh Fakultas Geografi UGM lulus 2016. Saya mengambil topik disertasi doktor terkait nama geografi (on going S3 Ilmu Geografi UGM). Selain aktif sebagai dosen di Fakultas Geografi UGM, Ari juga pernah menjadi dosen tidak tetap di Sekolah Vokasi UGM, UII, UNY, UMS, dan program pascasarjana UGM. Saya juga terlibat menjadi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN-PPM UGM. Dalam bidang penelitian, ada beberapa publikasi di prosiding nasional-internasional serta di jurnal nasional-internasional. Pengalaman seminar internasional yang paling berkesan yaitu ketika mengikuti The 4th Asian Conference on Geography di Guangzhou Tiongkok, serta The 29th International Cartographic Conference di Tokyo Jepang. Terkait bidang pengabdian masyarakat, saya terlibat aktif dalam berbagai kerjasama nasional dan internasional, di antaranya anggota peneliti di Parangtritis Geomaritime Science Park, narasumber pelatihan bidang informasi geospasial yang diadakan oleh PUSPICS UGM, lab SIG Fakultas Geografi UGM, PSLH UGM, MTPBA Fakultas Teknik UGM, dan lainnya. Peserta pelatihan yang paling berkesan adalah rombongan dari Republik Rakyat Demokratis Korea (Korea Utara) melalui skema Technical Cooperation among Developing Countries oleh Kementerian Luar Negeri- Bakosurtanal-PUSPICS UGM. Saya menjadi sebagai anggota Ikatan Geograf Indonesia (IGI), MAPIN, dan AKI. Pada level internasional, saya aktif di The Asian Geographical Association (AGA), International Geographical Union (IGU), Internasional Cartographic Association (ICA) terutama pada joint commission ICA-IGU on Toponymy, History of Cartography serta komisi Education and Training.
Bidang keahlian GIScience | Geographical Names (Toponymy) | Historical Mapping
dummy-pict Barandi Sapta Widartono, S.Si., M.Si., M.Sc. | barandi@ugm.ac.id
Barandi Sapta Widartono, S.Si., M.Si., M.Sc., Lahir di Pangkalan Brandan, Langkat, Sumatera Utara, Tanggal 28 Maret 1970, menempuh pendidikan dasar dan menengah di SD Pertamina Cilacap, SMP Negeri 1 Cilacap, SMP Negeri 8 Yogyakarta, dan SMA Negeri 3 Yogyakarta. Lulus Pendidikan S1 di Prodi Kartografi dan Penginderaan Jauh, Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada 1997, S2 di Program Studi Geoinformation for Disaster Management, Joint Education UGM - ITC The Netherland, Universitas Gadjah Mada–ITC tahun 2007, serta di Program Studi Penginderaan Jauh, Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada tahun 2015. Pernah menjabat diantaranya sebagai kepala Laboratorium Penginderaan Jauh di Fakultas Geografi UGM dan Sekolah Vokasi UGM. Berpengalaman sebagai pengajar matakuliah, pendidikan/pelatihan dan peneliti di Fakultas Geografi UGM, Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FK- KMK UGM), Sekolah Vokasi UGM, Pusat Studi Lingkungan Hidup UGM, Pusat Studi Bencana Alam UGM, Pusat Studi Transportasi dan Logistik (PUSTRAL) UGM, beberapa Kementerian dan Lembaga Nasional (Kemenkes, BIG), Pemerintah Daerah serta Lembaga Swadaya Masyarakat. Aktif juga sebagai pembina mahasiswa di lingkungan Fakultas Geografi maupun Universitas Gadjah Mada, terutama untuk penalaran dan kreativitas, kesenian serta kewirausahaan. Bidang keahlian yang ditekuni diantaranya adalah Penginderaan Jauh (Unmanned Aerial System-UAS), Sistem Informasi Geografis Terapan, serta Kebencanaan terutama untuk Pemetaan dan Kesehatan. Anggota di Laboratorium Sistem Informasi Geografis, juga tergabung di Gugus OneHealth UGM, Ikatan Geograf Indonesia dan Masyarakat Penginderaan Jauh Indomesia. Senang menekuni fotografi dan videografi untuk pembelajaran dan video dokumenter, serta memiliki hobi pertukangan dan olahraga petualangan maupun ketangkasan (panahan dan menembak). Beberapa publikasi ilmiah dapat dilihat di Google Scholar dan Sinta.
Bidang keahlian Penginderaan Jauh (UAS) | Sistem Informasi Geografis Terapan | Kebencanaan (Pemetaan dan Kesehatan)
dummy-pict Idea Wening Nurani, S.Si., M.Sc., M.I.L. | idea.nurani@ugm.ac.id
Idea Wening Nurani, S.Si., M.Sc., M.I.L., has been a lecturer since 2017 at the Regional Development Study Program, Department of Development Geography, Faculty of Geography UGM. Previously worked in the field of environmental consulting services, public health education and national philanthropic institution. Attended the Integrated Water Resources Management Workshop in Bangladesh and the International Course on Rural Energy Planning (ICREP) in the Netherlands. Involved in environmental policy formulation activities such as Environmental Management Performance Indicators (IKPLHD), Strategic Environmental Studies (KLHS) and Environmental Impact Analysis (AMDAL). Research interest in the themes of environmental management, climate change, natural disasters, and water resources management. The latest researches are related to carbon emission estimation, waste bank operations, green business in urban areas, smart environment innovation during the pandemic, and river ecosystem services. Currently pursuing a doctorate in Geography at the Université Paris 1 Panthéon-Sorbonne.
Bidang keahlian Environmental management
dummy-pict Muhammad Arif Fahrudin Alfana, S.Si., M.Sc. | arif.fahrudin@ugm.ac.id
Muhammad Arif Fahrudin Alfana, lahir di Boyolali 1988, merupakan salah satu staf pengajar pada program studi Geografi Lingkungan, Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) sejak 2012. Menyelesaikan pendidikan jenjang sarjana (S1) di Fakultas Geografi UGM Tahun 2011 dan melanjutkan jenjang pascasarjana (S2) di Program Ilmu Kependudukan di Fakultas Pascasarjana UGM lulus pada 2015. Saat ini sedang menempuh program doktor (S3) di Fakultas Geografi UGM dengan mendalami bidang kajian geografi manusia. Selain menjadi staf pengajar, beliau merupakan praktisi di bidang kependudukan dan telah berpengalaman terkait dengan berbagai kajian sosial kependudukan utamanya terkait dengan pembuatan dokumen Grand Design Kependudukan (GDPK), Profil Kependudukan, Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan Hidup (DDTLH). Beliau juga aktif dalam penyusunan berbagai karya ilmiah yang diterbitkan baik dalam jurnal dan seminar pada tingkat regional, nasional dan internasional. Beliau juga aktif menjadi pembimbing Olimpiade Geografi pada tema bidang ilmu geografi penduduk untuk seleksi di level regional dan nasional.
Bidang keahlian Ilmu Kependudukan | Demografi | Geografi Perilaku (Behavioral Geography)
dummy-pict Mukhamad Ngainul Malawani, S.Si., M.Sc. | malawani@ugm.ac.id
MWorks at the Faculty of Geography, Gadjah Mada University and currently member of Laboratoire Gegraphie de Physique, Univ Paris 1 - CNRS. My basic research is Geomorphology, Coastal geomorphology, Watershed management and Hazard mitigation. Now doing project in Landscape evolution, Volcanography, and Paleoenvironment.
Bidang keahlian Geomorphology | Natural hazards
dummy-pict Rizki Adriadi Ghiffari, S.T., M.Sc. | rizki.adriadi.g@ugm.ac.id
Rizki Adriadi Ghiffari, lahir di Masohi (Kabupaten Maluku Tengah), 10 Juni 1995 adalah staf pengajar sejak tahun 2020 di Laboratorium Tata Ruang Wilayah, Departemen Geografi Pembangunan, Fakultas Geografi. Program Sarjana diselesaikan pada tahun 2015 di Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, sedangkan Program Magister diselesaikan di Program Studi Geografi (Minat Perencanaan Pengelolaan Pesisir dan DAS), Fakultas Geografi UGM, pada tahun 2018. Fokus penelitian dan mengajar saat ini pada Pengembangan Kota Kecil dan Menengah, Pengembangan Pulau-pulau Kecil dan Pesisir, Perencanaan Tata Ruang dan Tata Wilayah, Teknik Analisis Regional, Statistik Terapan. Saat ini juga aktif sebagai praktisi Perencanaan Tata Ruang dan tergabung di organisasi profesi Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP).
Bidang keahlian GIS for Spatial Planning | Coastal Planning | Spatial Organization
dummy-pict Seri Aryati, S.Pd., M.Sc. | seri.aryati@ugm.ac.id
Seri Aryati, lahir di Palembang pada tahun 1992. Ia menamatkan SD, SMP, SMA dan S1 di Kota Palembang. Tahun 2016 menyelesaikan pendidikan magister di Program Studi Kependudukan, Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada. Saat ini sedang menempuh program doktor (S3) di Fakultas Geografi UGM di bidang kajian geografi manusia. Ia mendapatkan Beasiswa S3 Perguruan Tinggi Akademik dari Beasiswa Pendidikan Indonesia Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud yang berkerjasama dengan LPDP). Sejak tahun 2018 telah menjadi staf pengajar di Fakultas Geografi UGM yang ditugaskan pada Laboratorium Kependudukan dan Sumberdaya Ekonomi. Ia didaulat menjadi Sekertaris Srikandi Sungai Indonesia (SSI) pada tahun 2020-2025. Komunitas ini diharapkan dapat mengumpulkan pemikiran-pemikiran tokoh-tokoh perempuan yang dapat memberikan terobosan dalam pengelolaan lingkungan sungai. Kegiatan-kegiatan SSI meliputi bagian penting dari edukasi, konservasi, ekonomi kreatif perempuan dan lingkungan yang melibatkan lintas stakeholder dalam skema Pentahelix Partnership. Ia juga aktif meneliti dan menulis publikasi dengan minat kajian fertilitas, family planning dan kajian kependudukan lainnya.
Bidang keahlian Familly Planning | Demography | Human Geography
dummy-pict Surani Hasanati, S.Si., M.Sc. | surani.hasanati@ugm.ac.id
Surani Hasanati, lahir di Yogyakarta 17 September 1987. Memperoleh gelar S.Si. pada Prodi Pembangunan Wilayah, Fakultas Geografi UGM tahun 2009 juga sebagai wisudawan terbaik, termuda dan tercepat di FGE UGM. Master of Science diperolehnya pada Magister Perencanaan Pengelolaan Pesisir dan DAS (MPPDAS) Fakultas Geografi UGM pada tahun 2012 dengan Beasiswa Unggulan. Saat ini sedang menempuh Studi Doktoral Ilmu Geografi. Mengikuti berbagai short course seperti pada tahun 2011 di Faculty of Earth Science Observation, ITC, Universiteit Twente, Belanda dengan tema Risk Management and Environmental Assessment for Spatial Planning dan juga short course di tempat yang sama dengan tema Applied Earth Sciences: Natural Hazards and Disaster Risk Management. Pembicara di berbagai Kuliah Umum, seminar dan workshop, dimulai saat kolaborasi Kuliah Kerja Lapangan III Prodi PW UGM dengan Planning and Architecture King Mongkut Institute of Technology Ladkrabang, Thailand tahun 2013. Pada tahun 2014, membimbing teknis lapangan joint scientific program Geografi UGM – Innsbruck University dari Austria di Sungai Code Yogyakarta. Aktif dalam International River Symposium dan Women in River sejak 2015 di Brisbane, Australia. Sebagai tenaga ahli Pusat Studi Wanita UGM 2016-2017. Didaulat menjadi Ketua Srikandi Sungai Indonesia sejak 2016-2019. Mendampingi konsep dan implementasi Education for Sustainable Development sebagai bagian pengabdian kepada masyarakat semenjak tahun 2014. Aktif di forum Internasional Rural Research Planning Group (RRPG) sejak 2014. Menjadi Sekretariat Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Ilmu Geografi dan Pendidikan Geografi se-Indonesia (FORPIMGEO) semenjak 2017, juga aktif menjadi anggota Ikatan Geograf Indonesia. Aktif meneliti dan menulis publikasi dengan minat kajian gender dan pembangunan, pembangunan wilayah, community and development, dan pembangunan berkelanjutan. Merupakan staff pengajar di Departemen Geografi Pembangunan, Fakultas Geografi UGM, anggota Laboratorium Kewilayahan di FGE UGM, juga merupakan periset di Kelompok Studi Gender dan Pembangunan FGE UGM.
Bidang keahlian Pembangunan Wilayah | Pembangunan Berkelanjutan | Gender dan Pembangunan
dummy-pict Totok Wahyu Wibowo, S.Si., M.Sc. | totok.wahyu@ugm.ac.id
Salam kenal, saya Totok Wahyu Wibowo. Saya lulus program sarjana pada Program Studi Kartografi dan Penginderaan Jauh, Fakutas Geografi pada tahun 2010. Setelahnya saya mendapatkan Beasiswa Unggulan untuk menyelesaikan studi master pada Program Studi Ilmu Lingkungan. Saat ini saya terdaftar sebagai mahasiswa program Doktor Ilmu Geografi dengan mendapatkan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPPDN). Adapun topik disertasi yang saya dalami ialah pemetaan mobilitas intradestinasi wisatawan menggunakan data media sosial.
Saya bergabung sebagai dosen di Fakultas Geografi pada akhir tahun 2012 pada program Studi Kartografi dan Penginderaan Jauh. Saya diberikan amanat untuk mengajar beberapa mata kuliah kartografi sebagai bagian dari tim pengajar maupun sebagai koordinator praktikum. Selain pada jenjang sarjana, saya juga menjadi pengajar pada program diploma dan master (sebagai pengampu praktikum). Kegiatan penelitian saya memiliki fokus utama pada tema kartografi analitik, dengan fokus sekunder ialah tema kartografi tematik, geovisualisasi, kebencanaan, dan pariwisata.
Saya juga berpartisipasi aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat, misalnya sebagai Dosen Pembimbing Lapangan dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Saya juga masuk sebagai tim penyusun Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) khususnya untuk subbidang Kartografi yang digunakan sebagai landasan untuk sertifikasi profesi di bidang Informasi Geospasial. Pada tataran professional saya juga aktif sebagai anggota asosiasi profesi Ikatan Geograf Indonesia (IGI) Bidang 4 dan anggota International Cartographic Association (ICA) Komisi Location Based Services.
Bidang keahlian Kartografi Analitik | Geovisualisasi | Kartografi Tematik
dummy-pict Utia Suarma, S.Si., M.Sc. | utiasuarma@ugm.ac.id
Utia Suarma merupakan salah satu staf pengajar di Departemen Geografi Lingkungan, Fakultas Geografi UGM. Utia merupakan alumni program S2 Geo-information for Spatial Planning and Disaster Management (https://geoinfo.pasca.ugm.ac.id/en/) yang merupakan salah satu minat studi di bawah Program Studi Magister Ilmu Lingkungan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada. Sebelumnya, Utia telah menamatkan program Sarjana dari Jurusan Geografi Fisik, Fakultas Geografi UGM. Beberapa bidang penelitian dan pengabdian yang ditekuni berkaitan dengan adaptasi perubahan iklim, hidroklimatologi, dan bencana hidrometeorologi seperti banjir, puting beliung, dan cuaca ekstrem. Sejak tahun 2017 Utia bergabung dengan Unit Kerja Sama Luar Negeri di fakultas yang sama dan memegang peranan sebagai ketua unit hingga saat ini. Utia terlibat dengan berbagai kegiatan kerja sama internasional mencakup pertukaran pelajar dan pengajar, kunjungan mahasiswa dan dosen jangka pendek, kajian kolaboratif, serta publikasi dengan mitra dosen atau praktisi dari luar negeri. Utia juga terlibat dalam kegiatan penelitian dan pengembangan kurikulum/MOOC pada beberapa tahun terakhir antara lain dengan UNEP bertema Up-Scaling Community Resilience through Ecosystem-based Disaster Risk Reduction/Eco-DRR (2019-2020), dengan ProSPER.Net berjudul Disaster Education for integrating SFDRR and SDG in Asia (2020-2021), dengan mitra BORDA e.V. yaitu kajian Polycentric Approaches to the Management of Urban Water Resources in South- East Asia/Polyurbwater (2021-2025), dan kajian berjudul Impact Based Forecasting and Warning Services bekerjasama dengan World Bank, BMKG, dan Tim Gama-Inatek UGM (2022).
Bidang keahlian Adaptasi Perubahan Iklim | Hidroklimatologi
dummy-pict Candra Sari Djati Kartika, S.Si., M.Sc. | candrakartika@ugm.ac.id
Nama saya Candra Sari Djati Kartika. Saya lahir di Probolinggo, 4 Juni 1987. Saya menghabiskan masa kecil saya di Kota Malang hingga saya menyelesaikan pendidikan menengah atas di SMAN 3 Malang. Pada tahun 2004, saya pindah ke Kota Yogyakarta untuk menempuh pendidikan tinggi di program studi Kartografi dan Penginderaan Jauh, Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada hingga lulus pada tahun 2010.
Sejak kecil saya sudah cukup akrab dengan peta karena pekerjaan ayah sebagai konsultan pertanahan banyak menggunakan peta untuk menampilkan informasi dan ditambah dengan pengalaman semasa kuliah membuat ketertarikan saya terhadap peta dan kartografi semakin dalam. Sehingga pada tahun 2012 saya melanjutkan pendidikan master saya di Technical University of Munich Jerman di bidang kartografi. Berbekal gelar tersebut, saya akhirnya menjadi dosen di Departemen Sains Informasi Geografi Universitas Gadjah Mada sejak tahun 2017.
Dalam bidang kartografi, saya lebih berfokus pada geovisualisasi dan data analitik terutama kaitannya dengan wilayah perkotaan dan data sosial ekonomi. Ke depannya, saya berharap agar saya dapat terus berkarya melalui berbagai tulisan dan media sehingga ilmu kartografi lebih dikenal dan dapat memberi manfaat bagi masyarakat luas, serta dapat terus mengabdi sebagai dosen sebagai kontribusi saya untuk mencetak generasi penerus bangsa yang berakhlak.
Bidang keahlian kartografi | geovisualisasi | data analitik
dummy-pict Dr. Indranova Suhendro, S.T., M.Sc. | indranova.suhendro@mail.ugm.ac.id
Saya menempuh pendidikan S1 saya di Departemen Teknik Geologi, Fakultas Teknik, UGM pada tahun 2012-2016. Kemudian, saya melanjutkan pendidikan S2 dan S3 saya di Departement of Earth and Planetary Sciences, Faculty of Science, Kyushu University, Fukuoka, Jepang pada tahun 2016-2021. Fokus studi yang saya tekuni adalah ilmu gunung api (vulkanologi) dengan bahasan utama berupa physical volcanology, volcanostrartigraphy, petrology, dan geochemistry. Ilmu tersebut saya gunakan untuk memahami berbagai macam proses yang dapat mengontrol tingkat eksplosifitas suatu erupsi gunung api (khususnya mengenai pembentukan gas (bubble) dan kristal), baik saat sebelum dan ketika erupsi terjadi. Selain itu, saya juga menggunakan pendekatan ilmu petrologi untuk memahami suatu morfologi gunung api.
Tema riset S1: “Karakteristik batuan hasil erupsi gunung api dalam kaldera (intra-caldera) Ijen, Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso”
Tema riset S2: “Magma chamber stratification of the 1815 Tambora caldera-forming eruption”
Tema riset S3: “The origins of transparent and non-transparent white pumice: A study case of the 52 ka Maninjau caldera-forming eruption, West Sumatra, Indonesia”
Bidang keahlian geologi | petrologi | vulkanologi
dummy-pict Dr. Lintang Nur Fadlillah, M.Sc. | lintang.n.f@ugm.ac.id
Lintang Nur Fadlillah, lahir di Sleman, 23 Februari 1993, merupakan anak pertama dari 3 bersaudara. Tumbuh besar di Yogyakarta dari lahir hingga menyelesaikan Program Doktoral. Memulai Pendidikan SD di SD Muh Purwodiningratan 2 YK (1999-2005), melanjutkan ke SMPN 5 Yogyakarta (2005-2008) dan SMAN 1 Yogyakarta (2008-2011), dan berkesampatan melanjutkan Program Sarjana S1 di Fakultas Geografi UGM (2011-2015), dilanjutkan dengan Program percepatan PMDSU (Program Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul) S2-Geografi (Prodi MPPDAS) (2015-2017) dan S3 Geografi Lingkungan (2017-2020). Selama S3 mendapatkan beasiswa Sandwich-like Program di Seoul National University Korea Selatan selama 1 semeser untuk melakasanakan penelitian yang merupakan bagian dari Program Kemenristendikti PMDSU.
Bergabung dengan fakultas geografi pada Desember 2020 sebagai dosen dengan bidang keahlian hidrologi, yang lebih spesifik pada hidrologi permukaan, pemodelan kualitas air, pemodelan sedimen dan kualitas sedimen, hidrologi danau, delta dan estuari. Memiliki hobi berkegiatan di alam, menonton film, dan menulis ilmiah. Saat ini masih menjadi dosen aktif di Laboratorium Hidrologi dan Klimatologi Lingkungan, Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada.
Bidang keahlian Hidrologi danau | Pemodelan kualitas air dan sedimen | hidrologi Delta dan Estuary
dummy-pict Hilary Reinhart, S.T., M.Sc. | hilary.reinhart@ugm.ac.id
Hilary Reinhart menamatkan pendidikan sarjananya pada Program Studi Teknik Nuklir, Jurusan Teknik Fisika tahun 2015. Setelahnya, ia langsung melanjutkan pendidikan master pada peminatan studi Magister Pengelolaan Lingkungan, Program Studi Ilmu Lingkungan, Sekolah Pascasarjana UGM dan lulus pada tahun 2017. Saat ini, Hilary Reinhart menjadi staff akademik di Departemen Geografi Pembangunan, Fakultas Geografi UGM. Minatnya yang tinggi pada aspek lingkungan dan pembangunan, mendorongnya untuk aktif pada berbagai kegiatan riset, kajian dan penyusunan rencana pengembangan, serta konferensi ilmiah di berbagai kesempatan. Topik kajian dan risetnya meliputi kajian pembangunan berkelanjutan, geowisata, dan perencanaan lingkungan dan pengembangan wilayah khususnya di wilayah rural dan kawasan karst.
Bidang keahlian Pembangunan Berkelanjutan | Pengelolaan Lingkungan (Environmental Management) | Geografi Pariwisata (Tourism Geography)
dummy-pict R. Ibnu Rosyadi, S.Si., M.Cs. | rosyadi@ugm.ac.id
Ibnu Rosyadi lahir di Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo. Pendidikan dari SD sampai SMA ditempuh di Kulon Progo yaitu SD Pengasih III, SMP I Wates, dan SMA I Wates. Melanjutkan S1 Penginderaan Jauh Fakultas Geografi UGM dan S2 Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan IPA UGM. Saat ini sedang menempuh pendidikan S3 di Prodi Doktor Ilmu Geografi Fakultas Geografi UGM dengan mengambil tema disertasi tentang Infrastrukur Data Spasial.
Matakuliah yang diampu adalah Sistem Informasi Geografis, Analisis dan Pemodelan Spasial, Basis Data dan Infrastruktur Data Spasial, Spatial Data Mining, Algoritma dan Pemrograman, Pemrograman Spasial, Spasio Temporal Data Analisis dan Data Mining, serta Geokomputasi untuk Penginderaan Jauh.
Selain aktif sebagai akademisi, juga terlibat di Pusat Pengembangan Infrastruktur Data Spasial (PPIDS) UGM, praktisi, narasumber dan konsultan dalam bidang pengembangan sistem informasi berbasis geospasial bagi banyak lambaga pemerintah dan swasta. Selain memegang beberapa hak cipta program komputer juga berhasil mendampingi beberapa pemerintah daerah dalam meraih penghargaan di bidang geospasial yaitu Bhumandala Awards.
Bidang keahlian Sistem Informasi Geografis | Pemrograman Spasial | Infrastruktur Data Spasial