• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Informasi Publik
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Geografi
  • Profil
    • Sejarah
    • Visi, Misi dan Tujuan
    • Sambutan Dekan
    • Manajemen
      • Pimpinan Fakultas
      • Senat Fakultas
      • Pengelola Departemen
      • Pengelola Program Studi
    • Civitas Akademika
      • Dosen
      • Staf Kependidikan
  • Pendidikan
    • Program Sarjana
      • Geografi Lingkungan
      • Kartografi dan Penginderaan Jauh
      • Pembangunan Wilayah
      • International Undergraduate Program
    • Program Pascasarjana
      • Program Studi Magister Geografi
      • Program Studi Magister Geografi Minat Pembangunan Wilayah
      • Program Studi Magister Geografi Minat MPPDAS
      • Program Studi Magister Penginderaan Jauh
      • Program Studi Doktor Geografi
    • Admisi
      • Program Sarjana
      • Program Pascasarjana
      • Program Fast Track S1 – S2
      • MATRIKULASI D4 ke S1
    • Akreditasi
  • Akademik & Kemahasiswaan
    • Peraturan Akademik
      • Panduan Akademik
      • Kode Etik Mahasiswa Geografi
      • Tata perilaku Mahasiswa UGM
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Akademik
    • Kalender Akademik
    • Seputar Magang
    • Beasiswa
    • Organisasi Kemahasiswaan
    • Ikatan Profesi Dan Lembaga-Lembaga Lain
  • P2M
    • Penelitian & Pengabdian Masyarakat
    • Tracer Study
  • Kerja sama
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • Alumni
  • Fasilitas
    • Akademik
    • Student Wellbeing
    • Peminjaman Ruang
    • Ruang Kebugaran
  • Beranda
  • Rilis
  • Industri Kreatif Jadi Peluang Baru Lulusan Geografi UGM

Industri Kreatif Jadi Peluang Baru Lulusan Geografi UGM

  • Rilis
  • 25 September 2025, 15.52
  • Oleh: nailasalma
  • 0

Di tengah pesatnya perkembangan ekonomi global dan transformasi digital yang mengubah wajah dunia usaha, menjadi mahasiswa bukan hanya soal menimba ilmu di dalam kelas. Pasalnya, masa kuliah menjadi waktu yang tepat untuk menyiapkan diri menjadi pribadi yang adaptif dan inovatif dalam menghadapi peluang karier yang semakin beragam, termasuk di sektor industri kreatif.

Menyadari hal tersebut, Unit Pengembangan Karier dan Alumni (UPKA) Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menggelar Career Development Talks #1 dengan mengusung tema “Creative Industry and Innovation”. Acara yang digelar dalam dua sesi, Jumat (19/09) dan Selasa (23/09), ini menghadirkan empat alumni inspiratif yang bergerak di dunia industri kreatif. Keempatnya adalah Sarono (alumni KPJ 2010), Diana Febrita (PW 2012), Nur Salam (KPJ 2012), dan Ja’far ‘Ayyasy (PW 2014). Sebanyak 55 peserta turut hadir dalam forum ini.

“Acara ini menjadi masukan penting bagi fakultas dalam pengembangan kurikulum, sekaligus upaya meningkatkan kemampuan mahasiswa di luar materi perkuliahan,” ujar Kepala UPKA Fakultas Geografi UGM.

Dalam paparannya, Diana Febrita, co-founder Mindstem.id sekaligus mahasiswa magister di Purdue University, membagikan pengalamannya dalam membangun platform edukasi geospasial yang berfokus pada bidang Science, Technology, Engineering, dan Mathematics (STEM). Sejak berdiri pada 2023, Mindstem.id telah sukses menyelenggarakan berbagai pelatihan dan mendapat respon positif dari masyarakat.

Sementara itu, Sarono, Founder & CEO Technogis Indonesia, menyoroti bahwa lulusan geografi memiliki keunggulan tersendiri seperti spatial thinking dan pemrograman spasial. “Ilmu geografi itu sangat mahal, tetapi kita juga harus tahu bagaimana menjualnya kepada publik atau customer. Kita harus memahami potensi spasial, mencari masalahnya, lalu melahirkan inovasi yang berdampak bagi masyarakat,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Nur Salam, Founder & CEO Kainnesia.id. Ia menuturkan bahwa keilmuan geografi memiliki keterkaitan erat dengan aspek perencanaan yang juga dibutuhkan dalam industri kreatif. “Seorang geograf ketika membuat peta bukan hanya sebatas mengolah data hingga memvisualisasikannya, tetapi juga bagaimana merancang perencanaan agar data tersebut bisa dimanfaatkan dengan tepat. Prinsip ini sejalan dengan praktik berwirausaha di industri kreatif,” paparnya.

Adapun Ja’far ‘Ayyasy, CEO Sigma Digital Nusantara, menegaskan bahwa jurusan kuliah tidak harus selalu sejalan dengan bidang pekerjaan. Menurutnya, yang lebih penting adalah mindset dan kerangka berpikir yang dibentuk selama kuliah. “Ada tiga kunci sukses di industri kreatif: kemampuan melihat peluang, keberanian mengambil risiko, dan semangat kolaborasi,” katanya

Tags: SDG 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas

Rilis Berita

  • Industri Kreatif Jadi Peluang Baru Lulusan Geografi UGM
  • Alumni Geografi UGM Raih Rekor MURI sebagai Penjelajah Termuda Antarktika
  • Mahasiswa Geografi UGM Teliti Budaya Adiluhung Pranata Mangsa sebagai Upaya Mitigasi Perubahan Iklim

Link Pendaftaran

Link Fakultas Geografi

Universitas Gadjah Mada

Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada
Sekip Utara, Bulaksumur, Yogyakarta 55281
Phone +62-274-6492340| 589595
Email: geografi@ugm.ac.id
Instagram : @geografiugm

Tentang

  • Sejarah
  • Visi Misi Tujuan
  • Pimpinan Fakultas
  • Senat Fakultas
  • Daftar Dosen Pengajar

Departemen

  • Geografi Lingkungan
  • Sains Informasi Geografi
  • Geografi Pembangunan
  • Pengelola Departemen
  • Pengelola Program Studi

Kemahasiswaan

  • Organisasi Kemahasiswaan
  • Layanan Kemahasiswaan
  • Seputar Magang

Layanan Terpadu

  • Heregistrasi
  • Surat Kemahasiswaan
  • Virtual Office Akademik

Informasi Publik

  • Permohonan Informasi Publik
  • Daftar Informasi Tersedia Setiap Saat
  • Daftar Informasi Tersedia Secara Berkala
Flag Counter

© 2018 Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada | IG: geografiugm

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju