• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Informasi Publik
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Geografi
  • Profil
    • Sejarah
    • Visi, Misi dan Tujuan
    • Sambutan Dekan
    • Manajemen
      • Pimpinan Fakultas
      • Senat Fakultas
      • Pengelola Departemen
      • Pengelola Program Studi
    • Civitas Akademika
      • Dosen
      • Staf Kependidikan
  • Pendidikan
    • Program Sarjana
      • Geografi Lingkungan
      • Kartografi dan Penginderaan Jauh
      • Pembangunan Wilayah
      • International Undergraduate Program
    • Program Pascasarjana
      • Program Studi Magister Geografi
      • Program Studi Magister Geografi Minat Pembangunan Wilayah
      • Program Studi Magister Geografi Minat MPPDAS
      • Program Studi Magister Penginderaan Jauh
      • Program Studi Doktor Geografi
    • Admisi
      • Program Sarjana
      • Program Pascasarjana
      • Program Fast Track S1 – S2
      • MATRIKULASI D4 ke S1
    • Akreditasi
  • Akademik & Kemahasiswaan
    • Peraturan Akademik
      • Panduan Akademik
      • Kode Etik Mahasiswa Geografi
      • Tata perilaku Mahasiswa UGM
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Akademik
    • Kalender Akademik
    • Seputar Magang
    • Beasiswa
    • Organisasi Kemahasiswaan
    • Ikatan Profesi Dan Lembaga-Lembaga Lain
  • P2M
    • Penelitian & Pengabdian Masyarakat
    • Tracer Study
  • Kerja sama
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • Alumni
  • Fasilitas
    • Akademik
    • Student Wellbeing
    • Peminjaman Ruang
    • Ruang Kebugaran
  • Beranda
  • Rilis
  • Peningkatan Kapasitas Sumberdaya Manusia untuk mendukung Nilai Jual Produk UMK di Desa Wisata Bugisan, Prambanan

Peningkatan Kapasitas Sumberdaya Manusia untuk mendukung Nilai Jual Produk UMK di Desa Wisata Bugisan, Prambanan

  • Rilis
  • 6 Desember 2016, 10.52
  • Oleh:
  • 0

Desa Bugisan Kecamatan Prambanan memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan menjadi desa wisata. Pembangunan desa wisata berbasis masyarakat menempatkan masyarakat sebagai subjek atau pelaku, sehingga kapasitas sumberdaya manusia menjadi salah satu faktor kunci pembangunan. Desa Bugisan memiliki potensi yang bisa dikembangkan untuk menjadi daerah tujuan wisata, mulai dari potensi alam, budaya, maupun masyarakatnya. Sebagai daerah tujuan wisata, pengembangan Desa Bugisan mendapat dukungan yang besar dari masyarakat sebagai penggerak utama kegiatan wisata. Dukungan tersebut juga diberikan melalui produk-produk Usaha Kecil Menengah (UMK) berbasis bahan lokal.

Rangkaian kegiatan pengabdian ini menjadi sarana untuk mengolah dan mengembangkan potensi-potensi tersebut  menjadi daya tarik wisata di Desa Bugisan. Menyadari pentingnya peran SDM, kegiatan pendampingan “Peningkatan nilai Jual Produk UMK di Desa Wisata Bugisan Prambanan” bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat agar mampu mengolah produk UMK mereka sehingga memiliki nilai tambah dan dapat disinergikan dengan aktivitas desa wisata Bugisan. Pada bulan Agustus hingga Oktober  2016 serangkaian kegiatan berupa: FGD, pelatihan dan sosialisasi dilakukan di Desa Bugisan, dalam pengabdian ini masyarakat ditingkatkan kapasitasnya sehingga produk-produk UMK mereka bisa memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Peningkatan kapasitas SDM tersebut dilakukan melalui 4 (empat) kegiatan utama yakni:

(1)Focus Group Discussion dengan melibatkan masyarakat Desa Bugisan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang apa saja yang diperlukan untuk menjadi sebuah desa wisata sekaligus mengajak masyarakat untuk berperan serta lebih aktif. Dalam FGD ini msayarakat didorong untuk menemukenali potensi unggulan apa saja yang mereka miliki untuk dikembangkan menjadi desa wisata. (2)Pelatihan kepada anggota masyarakat yang memiliki Usaha Kecil Menengah, sehingga produk-produk yang dihasilkan dapat memiliki nilai jual yang lebih tinggi untuk dipasarkan kepada wisatawan. Pelatihan berupa peningkatan kualitas produk makanan tradisional ampyang dan emping melinjo yang memiliki standar rasa, tampilan dan kemasan. Selain itu perajin UMK dibekali pengetahuan tentang strategi menjual produk mereka. (3)Sosialiasi Festival Candi Kembar yang menjadi ajang untuk mengenalkan produk UMK kepada pengunjung. Sosialisasi diberikan kepada masyarakat agar mereka dapat menampilkan produk UMK mereka dengan optimal. Persiapan yang dilakukan meliputi pengemasan produk, tampilan stand, kostum penjaga stand dan informasi yang harus diberikan kepada pengunjung tentang keunggulan produk mereka. (4)Promosi produk UMK melalui Festival Candi kembar, dimana produk UMK diperkenalkan kepada pengunjung festival tersebut.

Tim Pelaksana :

Dr.rer.pol. Dyah Widiyastuti, ST., M.CP.

Tyas Fitri Kurnia

Husna Zaiti Aqmar

Aska Nafsi Salimah

Elson G. Susilo

 

dyah_1

dyah_2

Rilis Berita

  • FGe UGM Adakan Pelatihan Geo-AI for Carbon Storage Assessment
  • Dies Natalis ke-62 Resmi Dibuka, FGe UGM Usung Tema “Geografi Lestari”
  • UGM dan Guilin University of Technology Perkuat Kolaborasi Internasional melalui Joint Lecture

Link Pendaftaran

Link Fakultas Geografi

Universitas Gadjah Mada

Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada
Sekip Utara, Bulaksumur, Yogyakarta 55281
Phone +62-274-6492340| 589595
Email: geografi@ugm.ac.id
Instagram : @geografiugm

Tentang

  • Sejarah
  • Visi Misi Tujuan
  • Pimpinan Fakultas
  • Senat Fakultas
  • Daftar Dosen Pengajar

Departemen

  • Geografi Lingkungan
  • Sains Informasi Geografi
  • Geografi Pembangunan
  • Pengelola Departemen
  • Pengelola Program Studi

Kemahasiswaan

  • Organisasi Kemahasiswaan
  • Layanan Kemahasiswaan
  • Seputar Magang

Layanan Terpadu

  • Heregistrasi
  • Surat Kemahasiswaan
  • Virtual Office Akademik

Informasi Publik

  • Permohonan Informasi Publik
  • Daftar Informasi Tersedia Setiap Saat
  • Daftar Informasi Tersedia Secara Berkala
Flag Counter

© 2018 Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada | IG: geografiugm

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY