• Home
  • Rilis
  • Peningkatan Pelayanan Kesehatan dan Lingkungan Sehat bagi Kaum Lansia

Peningkatan Pelayanan Kesehatan dan Lingkungan Sehat bagi Kaum Lansia

Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota yang mengalami perkembangan pesat. Pada tahun 2013 jumlah penduduk Kota Yogyakarta mencapai 391.360 jiwa dan pada tahun 2014 jumlah penduduknya mencapai 400.467 jiwa. Dalam kurun waktu 1 tahun Kota Yogyakarta pertumbuhan penduduk sebesar 0,02% (Statistik Kota Yogyakarta, 2015). Salah isu kependudukan di kota ini adalah populasi kelompok lansia di Kota Yogyakarta cukup tinggi, yaitu 12,96% dari jumlah penduduk total (Sensus, 2010) jauh lebih besar dibandingkan persentase lansia nasional yaitu 7,59% (SurveyMETER dan CAS UI, 2013). Banyaknya kelompok usia lansia tersebut memerlukan adanya perhatian khusus agar kesejahteraan lansia dapat terjaga dengan baik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan Aggriani, dkk (2016) melalui kegiatan PKM-P 2016, salah satu kebutuhan utama yang dikeluhkan oleh lansia di Kota Yogyakarta adalah terkait kondisi kesehatan.Seluruh lansia dalam penelitian tersebut menyatakan kesehatan tubuh yang baik merupakan harapan utama bagi para lansia agar tetap dapat beraktivitas dengan baik tanpa menggantungkan diri pada orang lain dan agar lebih produktif sehingga tidak tersingkirkan dari masyarakat.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini akan dilaksanakan di salah satu Laboratorium Alam Departemen Geografi Pembangunan, yaitu di Kampung Warungboto.Berdasarkan informasi dari Pengurus Lansia di kampung tersebut, selama ini dalam kegiatan Posyandu Lansia hanya ada pelayanan kesehatan berupa penimbangan berat badan, pemeriksaan tekanan darah, pemberian pil kalk dan vitamin B kompleks.Oleh sebab itu, melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, akan dilaksanakan peyuluhan dan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan kolesterol, gula darah dan asam urat yang penting untuk kaum lansia.Tujuan kegiatan ini: memberikan pemahaman mengenai lingkungan sehat; memberikan pengetahuan mengenai makanan dan pola hidup sehat; dan memberikan pelayan kesehatan untuk lansia.Metode yang digunakan adalah penyuluhan dan pelayanan kesehatan bagi lansia.Dampak yang diharapkan adalah meningkatkan kualitas lansia melalui peningkatan kualitas lingkungan dan pelayanan kesehatan pada Posyandu Lansia.

Pembangunan Wilayah tidak hanya dalam bentuk pembangunan fisik semata, akan tetapi membangun lingkungan sosial dan pendukung bagi kehidupan sosial-masyarakat juga termasuk dalam kegiatan pembangunan wilayah. Kegiatan peningkatan kesehatan lingkungan dan kesehatan lansia di Kampung Warungboto ini dilaksanakan pada tanggal 16 Oktober 2016 mulai pukul 09.00 – 12.00 WIB dan diikuti 45 lansia dan pengurus lansia RW 8 Kampung Warungboto.Kegiatan yang pertama berupa penyuluhan kesehatan dengan tema ‘Penyakit pada Lansia’ oleh dr. Hanni Handayani Budi Nagari dari PUSKESMAS Wirobrajan dan merupakan Koordinator Klub Prolanis DM-HT BPJS Kesehatan.Materi dari penyuluhan tersebut adalah jenis-jenis penyakit yang sering diderita kaum lansia beserta cara menghindari maupun mengurangi dampaknya. Kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan juga mendiskusikan tentang pola hidup sehat dan dukungan lingkungan sekitar bagi kesehatan lansia. Unsur pendukung kesehatan dalam masyarakat salah satunya adalah lingkungan yang sehat, dengan adanya lingkungan yang sehat maka dapat mencegah penularan atau penyebaran penyakakit maupun perburukan suatu penyakit.Kegiatan yang kedua adalah pemeriksaan kesehatan berupa gula darah, kolesterol dan asam urat oleh dr. Rahma Yuantari, M.Sc., Sp.PK dan tim mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia.

isnaini1

TIM PELAKSANA PENGABDIAN

 

No. Nama Keterangan
1. M. Isnaini Sadali, M.Sc. Ketua Kegiatan
2. Alia Fajarwati, S.Si., M.IDEA Anggota
3. Dr. Andri Kurniawan, M.Si. Anggota
4. Dr. Estuning Tyas Wulan Mei, M.Sc. Anggota
5. Intan Mawar Tiani

Asisten

Copyright © 2013, Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta 55281 Indonesia |
tlp : +62 274 6492340 / 589595, |Fax: +62 274 6492340| email : geografi@geo.ugm.ac.id
Powered by Wordpress