Tim TF-PDS Fakultas Geografi UGM menyusun Web GIS untuk Tanggap Darurat Gempa Lombok 2018

Serangkaian gempa telah mengguncang Pulau Lombok dan sekitarnya, yang mencapai puncaknya pada hari Minggu (5/8/2018). Gempa yang terjadi dengan magnitudo 7 Skala Richter telah menyebabkan kerusakan dan korban jiwa. Hingga Sabtu (11/08/2018), laporan dari Badan Nasional Penganggulangan Bencana (BNPB) menyebut terdapat 392 orang meninggal dunia, 1.353 orang luka berat, dan 387.067 orang yang tersebar di berbagai lokasi pengungsian.

Baca selengkapnya

Unima, UGM & National Taiwan Normal University Gelar Public Lecture Bahas Urban, Coastal & Bencana

TONDANO :

Universitas Negeri Manado melaksanakan kegiatan Public lecture “From science to hazard management of urban & coastal area”. Prof Tsung-Yi Lin & Prof Shew-Jiuan Su from National Taiwan Normal University dengan Moderator Dr.Dyah Hizbaron, MT.M.Sc dari wakil dekan ilmu geografi UGM.Adapun kegiatan ini dilaksanakan aula Rektorat Unima di Tondano pada Senin (6/Agustus/2018).

Baca selengkapnya

Mahasiswa Fakultas Geografi UGM Teliti Petir di Wonosobo

Tiga mahasiswa Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) yaitu Gagad Nur Ridho (Program Studi Geografi Lingkungan, Angkatan 2015), Yan Abdi Rahmanu (Program Studi Geografi Lingkungan, Angkatan 2015), dan Astry Zulky Permatasari (Program Studi Geografi Lingkungan, Angkatan 2016) melakukan penelitian untuk mengetahui keterkaitan bentuk lahan dan bencana sambaran petir di Wonosobo. Pemilihan tema tersebut bermula dari adanya berita mengenai pendaki gunung dan petani di Wonosobo yang tewas tersambar petir pada tahun 2017.

Baca selengkapnya
#

Kanal Pengetahuan dan Informasi

#

Perpustakaan Fakultas Geografi UGM

#

Indonesian Journal of Geography

#

Bureau of International Affairs Faculty of Geography, Universitas Gadjah Mada