FAKULTAS GEOGRAFI DAN DTETI UGM LUNCURKAN SISTEM INFORMASI BAHAYA TSUNAMI (SIBAT)

Indonesia secara geografis terletak pada pertemuan tiga lempeng yang saling bertumbukkan (Verstappen, 2000). Lempeng Samudra Hindia-Australia bergerak relatif ke arah utara menyusup ke bawah Lempeng Benua Eurasia yang relatif diam di sebelah utara. Tumbukan ini menghasilkan zona subduksi di sebelah Barat Pulau Sumatera sampai di sebelah Selatan Pulau Jawa dan Kepulauan Nusa Tenggara.

Baca selengkapnya

Pendampingan Masyarakat Dusun Puton, Desa Trimulyo, Kecamatan Jetis, Bantul dalam Pengembangan Desa Wisata Edupark

Dusun Puton merupakan salah satu dusun di Desa Trimulyo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul yang memiliki banyak potensi. Pada saat terjadi bencana gempa bumi Bantul tahun 2006, Dusun Puton juga mengalami kerusakan parah. Masyarakat Dusun Puton saat itu sempat pesimis dengan masa depan mereka, namun berkat bantuan dari berbagai pihak, masyarakat Dusun Puton bangkit dan memperbaiki kondisi sosial ekonomi mereka.

Baca selengkapnya

FAKULTAS GEOGRAFI, LPPM UGM, BPBD KOTA MALANG, BPBD KOTA YOGYAKARTA DAN BPBD KABUPATEN BONDOWOSO DUKUNG PENGUATAN KAPASITAS MASYARAKAT MENUJU KOTA TANGGUH BENCANA BANJIR

Kondisi alam dan cuaca tidak menentu belakangan ini menyebabkan adanya bencana banjir dibeberapa daerah di Indonesia. Bencana banjir yang terjadi di sekitar Bantaran Kali Brantas (Kota Malang), Sungai Sampean (Kabupaten Bondowoso) dan Bantaran Sungai Gajahwong (Kota Yogyakarta) dari tahun 2015-2018 menjadi perhatian khusus Pemerintah setempat memberikan melalui programĀ  sosialisasi kesiapsiagaan bencana banjir. Titik penekanan kegiatan tersebut adalah program Education Sustainable Development melalui sosialisasi dang pengedukasian Kota Tangguh Bencana Banjir.

Baca selengkapnya
#

Kanal Pengetahuan dan Informasi

#

Perpustakaan Fakultas Geografi UGM

#

Indonesian Journal of Geography

#

Bureau of International Affairs Faculty of Geography, Universitas Gadjah Mada