Ikatan Profesi Dan Lembaga-Lembaga Lain

1. IMAHAGI (Ikatan Mahasiswa Geografi Indonesia )

Ikatan Mahasiswa Geografi Indonesia (IMAHAGI) merupakan organisasi mahasiswa Geografi seluruh Indonesia sesuai dengan keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.115/DIKTI/KEP/1990 yang trujuan utama pembentukannya adalah menggalang komunikasi, koordinasi dan konsolidasi dalam rangka meningkatkan kualitas mahasiswa Geografi menjadi insane akademis yang professional dan ikut berperan aktif dalam pembangunan.

Setelah mengelami kevakuman selama empat tahun pasca kongres IX di Surakarta, akhirnya kongres X IMAHAGI. Vakumnya IMAHAGI mendorong Himpunan Mahasiswa Geografi Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan sarasehan antar Mahasiswa Geografi se-Indonesia di Kaliurang. Hadir di antaranya Mahasiswa Geografi dari UNY (Yogyakarta), UGM (Yogyakarta), UNESA (Surabaya), UNNES (Semarang), UNLAM (Lampung), UI (Jakarta), UPI (Bandung), UM (Malang). Hasil sarasehan tersebut adalah melaksanakan Kongres IMAHAGI ke X dan Keluarga Mahasiswa Geografi Universitas Gadjah Mada terpilih sebagai tuan rumah sekaligus panitia penyelenggara.

Kongres IMAHAGI ke X berlangsung tanggal 22-24 Februari 2009 di Fakultas Geografi UGM dengan tema “Revitalisasi Peran dan Fungsi IMAHAGI” yang dihadiri 38 peserta dari 10 Universitas di Indonesia. Dalam acara ini dibahs mengenai Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, Garis-Garis Besar Haluan Kerja, Rekomendasi, menetapkan tempat kongres IMAHAGI selanjutnya dan memilih Sekjen IMAHAGI 2009-2010. Dari hasil pemilihan, Sekjen IMAHAGI 2009-2010 adalah Mashudi Majari (Universitas Negeri Yogyakarta). Pengurus Besar IMAHAGI yang terbentuk diharapkan dapat menjalankan program-programnya dan perlunya menjalin kerjasama dengan IGI.

2. IGI (Ikatan Geograf Indonesia)

Ikatan Geograf Indonesia (IGI) merupakan organisasi profesi yang dibentuk tahun 1967.  Tujuan dari organisasi ini adalah untuk memajukan dan mengembangkan ilmu serta profesi geografi yang berguna bagi pembangunan bangsa dan negara Indonesia.

Program kerja IGI meliputi (1) Bidang organisasi dan kelembagaan (2) Bidang pengembangan IPTEK dan (3) Bidang pengembangan sumberdaya manusia dan masyarakat.
Selain itu IGI melakukan kegiatan seminar, pertemuan ilmiah tahunan (PIT) IGI yang tempatnya di wilayah IGI se Indonesia secara bergantian. IGI juga membina guru geografi dan IMAHAGI (Ikatan Mahasiswa dan Alumni Geografi). Selama Periode 2006-2010 IGI dipimpin oleh: Prof. .Dr. Suratman, M.Sc.

Alamat Sekretariat IGI pusat di Fakultas Geografi Universitas Mada Yogyakarta. Setiap lulusan geografi di seluruh Indonesia termasuk di Fakultas Geografi UGM dapat menjadi anggota IGI. Selamat dan sukses bersama Geografi Indonesia

3. IGEGAMA (Ikatan Geografiwan Gadjah Mada)

IGEGAMA dibentuk dalam Reuni Alumni Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada pada tanggal 15 Desembar 1981 di Yogyakarta untuk waktu yang tidak ditentukan yang disahkan oleh Pengurus Pusat Harian KAGAMA tanggal 9 Agustus 1982.

Tujuan dan Fungsi
1. mempererat dan membina kekeluargaan geografiwan alumni Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada beserta keluarga
2. menjalin hubungan kerjasama dengan badan-badan kekeluargaan lain di lingkungan Universitas Gadjah Mada dan dengan organisasi profesi ilmu kebumian baik dalam negeri maupun dalam negeri dalam rangka mengembangkan dan menerapkan geografi
3. membantu meningkatkan fungsi dan peranan Almamater Fakultas Geografi Gadjah Mada khususnya dan alumni Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada pada umumnya dalam melaksanakan  Tri Dharma Perguruan Tinggi

Struktur Organisasi IGEGAMA Pusat (2007-2010), dibawah Ketua umum  DR Muhammad Dimyati, M.Sc (Menpera) dan berkedudukan di Almamater Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Copyright © 2013-2017, Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta 55281 Indonesia |
tlp : +62 274 6492340 / 589595, |Fax: +62 274 6492340| email : geografi@geo.ugm.ac.id
Powered by Wordpress