• Home
  • Rilis
  • Dosen Fakultas Geografi UGM Meraih The Rising Indonesian Researcher Award 2017

Dosen Fakultas Geografi UGM Meraih The Rising Indonesian Researcher Award 2017

WhatsApp Image 2017-05-29 at 12.20.12 PMSalah satu dosen Fakultas Geografi UGM, Dr. Ratih Fitria Putri, menerima penghargaan Yarsi Researcher Award 2017 pada tanggal 27 April 2017. Penghargaan ini dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Bapak H.M. Jusuf Kalla di Lantai 12 Auditorium Ar-Rahman, Universitas Yarsi, Jakarta. Yarsi Researcher Award 2017 diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis ke-50 Universitas Yarsi. Penghargaan diberikan kepada peneliti Indonesia di lembaga penelitian dan universitas di seluruh Indonesia pada tiga bidang riset: Life Science, Information Technology, dan Social & Cultural.

Dr. Ratih Fitria Putri, menerima penghargaan The Rising Indonesian Researcher pada kategori Information Technology. Pemberian penghargaan didasarkan pada rekam jejak penelitian yang telah dilakukan. Selama bulan Februari sampai dengan Maret 2017, Universitas Yarsi melakukan seleksi administratif pada berkas-berkas calon pemenang yang terdiri dari biodata peneliti, executive summary dari penelitian yang dilakukan, dan poster penelitian yang merangkum penelitian tersebut. Semua berkas ditulis dalam Bahasa Inggris. Penghargaan diberikan dengan mempertimbangkan keberlanjutan rencana penelitian (road map), keaslian penelitian, kontribusi penelitian untuk bidang ilmu yang ditekuni dan pembangunan nasional, publikasi, presentasi penelitian secara oral di depan dewan juri, dan produk-produk yang dihasilkan dari penelitian tersebut.

Dr. Ratih Fitria Putri mengusulkan penelitian yang telah dilaksanakan sejak tahun 2008 sampai dengan saat ini yang bertema “Perencanaan Mitigasi Bencana Berbasis Data Citra Satelit Radar”. Pada tanggal 20 April 2017, penelitian ini dipresentasikan di depan tiga dewan pakar Universitas Yarsi.  Di dalam penelitiannya, Ratih menjelaskan kemampuan dan perbedaan metode Differential Interferometric Synthetic Aperture Radar pada citra satelit dengan 3 Band berbeda, yakni L, X, dan C Band. Riset ini bertujuan sebagai salah satu arahan metode pengukuran penurunan muka tanah dan longsor melalui teknik penginderaan jauh dibawah bimbingan Prof. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo, PhD dan Prof. Hiroaki Kuze di Josaphat Microwave Remote Sensing Laboratory  Sensing Laboratory (JMRSL), Chiba University, Japan. JMRSL merupakan laboratorium penginderaan jauh berbasis radar data (Synthetic Aperture Radar), pengembangan pesawat tanpa awak (UAV) dan Mikro radar satelit.

 

Copyright © 2013-2017, Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta 55281 Indonesia |
tlp : +62 274 6492340 / 589595, |Fax: +62 274 6492340| email : geografi@geo.ugm.ac.id
Powered by Wordpress