• Home
  • Rilis
  • Rangkaian Kegiatan Pembekalan KKN Desa Membangun Kerjasama Fakultas Geografi UGM Dengan Kemendesa PDTT Tahun 2017

Rangkaian Kegiatan Pembekalan KKN Desa Membangun Kerjasama Fakultas Geografi UGM Dengan Kemendesa PDTT Tahun 2017

kkl kemendesa1Kegiatan Pembekalan KKN UGM di Desa Sangatta Selatan, Kabupaten Kutai Timur yang bekerjasama dengan Kementerian Desa PDTT telah dilakukan selama dua hari yaitu dari tanggal 23 dan 24 Mei 2017 di Gedung KLMB, Fakultas Geografi UGM. Adapun tema dan lokasi KKN adalah “Pembangunan Kawasan Pinggir Hutan Agribis-Lestari Berbasis ICT di Desa Sangatta Selatan, Kecamatan Sangatta Selatan, Kabupaten Kutai Timur untuk Pengembangan Potensi Wilayah”.Kegiatan tersebut merupakan usulan dari tim Pengusul Prodi Pembangunan, Departemen  Geografi Pembangunan, Fakultas Geografi UGM yang diketuai oleh Dr. Rini Rachmawati, S.Si., M.T sekaligus sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Acara pembekalan diikuti oleh mahasiswa peserta KKN dari berbagai fakultas di UGM dan DPL serta dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Desa PDTT, dan para trainer.

Kegiatan Pembekalan KKN UGM Desa Membangun dibuka pada tanggal 23 Mei 2017. Sambutan diberikan oleh bapak Widarjanto dari pihak Pustlibang Kemendesa, Wakil Dekan III Fakultas Geografi yaitu Dr. Rachmawati Hizbaron, M.Sc. Hadir pula Direktur Pengabdian Kepada Masyarakat UGM yakni Prof. Ir Irfan Dwidya Prijambada, M.Eng., P.hD. serta Koordinator Wilayah Kalimantan.Paparan Konsep KKN Tematik dari Kemendesa PDTT terdiri atas lima sesi yaitu Materi  konsep KKN Tematik oleh Saraswati Soegiharto, Materi Pemberdayaan Masyarakat oleh Anharudin (Peneliti Kemendesa), Kerjasama Antar Desa oleh Djoko Puguh W (Peneliti Kemendesa), Perencanaan Partisipatif Pembangunan Desa oleh Sutoro Eko, dan Sustainable Rural Development oleh Didik Suharjito (IPB), serta Penyusunan rencana aksi oleh Dr. Rini Rachmawati, S.Si., M.T.

kkl kemendesa2Pada hari kedua, dilakukan penandatangan MoU atau Surat Perjanjian Kerjasama Swakelola antara Pejabat Pembuat Komitmen Puslitbang dengan Kepala LPPM UGM, Universitas Hasanuddin, Universitas Papua, dan Universitas Nusa Cendana. Proses penandatanganan MoU untuk UGM dilakukan oleh Prof. Dr.  Suratman, M.Sc.  selaku Ketua LPPM UGM.  Kegiatan Pembekalan KKN Desa Membangun ditutup oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Kementerian Desa PDTT yaitu Ir. Leroy Samy Uguy, MA, Ph.D. Pada pidatonya bapak Kapus secara khusus menyambut baik kegiatan pembekalan KKN untuk dapat memahami lebih lanjut terkait dengan Desa. Diharapkan mahasiswa dapat menjadi fasilitator atau pendamping masyarakat nantinya dalam mengembangkan IT Desa, membuat badan usaha milik desa dengan konsep desa membangun (menggali partisipasi masyarakat desa).

Copyright © 2013-2017, Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta 55281 Indonesia |
tlp : +62 274 6492340 / 589595, |Fax: +62 274 6492340| email : geografi@geo.ugm.ac.id
Powered by Wordpress