• Home
  • Rilis
  • Pelatihan ArcGIS Online sebagai Peningkatan Kompetensi webGIS bagi Dosen Departemen Sain Informasi Geografi (SaIG) Fakultas Geografi UGM

Pelatihan ArcGIS Online sebagai Peningkatan Kompetensi webGIS bagi Dosen Departemen Sain Informasi Geografi (SaIG) Fakultas Geografi UGM

1Dalam rangka mendukung kerjasama ESRI, BIG dan UGM tentang  hibah perangkat lunak ArcGIS Platform kepada UGM oleh ESRI (http://www.ugm.ac.id/id/berita/9742-ugm.big.esri.indonesia.jalin.kerja.sama.pemanfaatan.geospasial) serta mengkatkan kapasitas dosen Departemen Sain Informasi Geografi (SaIG) Fakultas Geografi UGM dalam menguasai webGIS, maka Labaratorium SIG Fakultas Geografi mengadakan kegiatan “Pelatihan dan Diskusi ArcGIS Online” pada tanggal 20 Desember 2016. Pelatihan dan diskusi ini diikuti oleh 22 dosen. Pelatihan dapat berjalan dengan baik karena setiap peserta mendapatkan lisensi ArcGIS Online sebagai Publisher dari ESRI Indonesia. Hasil pelatihan dan diskusi ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan sebagian dosen dan selanjutnya dapat ditularkan kepada anak didik sebagai salah satu pendukung materi pengajaran dan peningkatan kompetensi khususnya webGIS.

Acara pelatihan diawali dengan sambutan Kepala Laboratorium Sistem Infromasi Geografis, Bapak Dr. Taufik Hery Purwanto, M.Si. yang menyampaikan bahwa perkembangan webGIS dewasa ini berkembang dengan pesat baik sistem yang open source maupun berlisensi, serta semakin luas aplikasinya, sehingga diharapkan seluruh dosen Departeman SaIG bisa mengikuti dan telibat aktif dalam perkembangan GIS berbasis Internet tersebut. Selanjutnya pemberian materi oleh Bapak Nur Mohammad Farda, S.Si., M.Cs dan Bapak R. Ibnu Rosyadi, S.Si., M.Cs. Materi pelatihan meliputi: ArcGIS Online sebagai User (membuat peta online), ArcGIS Online sebagai Publisher (analisis spasial secara online), dan Share, Embed, Publish ArcGIS Online di Website.

Pelaksanaan pelatihan sangat interaktif dengan diskusi dan praktik secara langsung keseluruhan materi. Salah satu peserta pelatihan berpendapat bahwa pelatihan dan diskusi sejenis sangat bagus dan perlu untuk diagendakan secara rutin, sebagai salah satu upgrading skill dosen dan tentu saja mengangkat tema-tema potensial yang berkembang secara berkelanjutan. Selain untuk disampaikan kembali kepada mahasiswa, pelatihan sejenis juga dapat meningkatkan ide-ide riset sesuai dengan bidang keilmuan para pengajar.

Tags:

Copyright © 2013, Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta 55281 Indonesia |
tlp : +62 274 6492340 / 589595, |Fax: +62 274 6492340| email : geografi@geo.ugm.ac.id
Powered by Wordpress